Monday , December 10 2018

Cara Hapus Cache Otomatis Android Setiap Hari

Cara Hapus Cache Otomatis Android Setiap Hari

Cara Hapus Cache Otomatis Android Setiap Hari – Smartphone Android yang kita gunakan pasti memiliki performa yang terus menurun seiring lama waktu penggunaanya. Biasanya, smartphone baru hanya mampu bertahan pada performa terbaik dalam waktu 6 hingga 12 bulan pemakaian.

Salah satu yang menyebabkan performa smartphone menurun adalah karena beban memori yang semakin berat. Hal ini tak lain karena disebabkan oleh file cache yang kian menumpuk seiring pemakaian. Biasanya file cache dihasilkan oleh aplikasi-aplikasi yang kamu gunakan dan untuk mengatasinya cukup mudah yakni dengan tinggal menghapus file cache tersebut saja. Namun ternyata ada cara otomatis untuk menghapus cache tersebut setiap hari, sehingga performa smartphone kamu akan terus terjaga.

Kamu bisa menggunakan salah  satu aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk menghapus file cache yakni App Cache Cleaner. Lebih kerennya lagi aplikasi ini mempunyai fitur yang bisa digunakan untuk menghapus file cache secara teratur. Penasaran dengan bagaimanakah cara penggunannya? Simak cara-caranya berikut ini.

Cara Otomatis Menghapus File Cache Di Smartphone Android:

  • Langkah pertama download dan install aplikasi App Cache Cleaner di Google Play Store.
  • Jalankan aplikasi ini, setelah itu tekan tombol Start untuk mulai memindai smartphone android kamu.
  • Kemudian jika proses pemindaian selesai maka akan muncul daftar aplikasi beserta dengan kapasitas file cache-nya.
Baca juga:  Cara Ampuh Untuk Menjadikan Smartphone Lama Tampak Baru

Cara Otomatis Menghapus File Cache Di Smartphone Android

  • Setelah itu kamu bisa melakukan pembersihan untuk aplikasi tunggal atau semua aplikasi sekaligus. Jika ingin membersihkan cache semua aplikasi, tekan saja tombol “Clear All“.
  • Langkah berikutnya tunggu beberapa saat hingga semua file cache selesai dihapus. Lamanya proses penghapusan cache biasanya tergantung dari banyaknya cache yang ada di smartphone kamu.

Kamu bisa melakukan pembersihan cache ini secara manual, namun jika kamu tidak ingin ribet dan ingin yang lebih praktis maka kamu bisa melakukannya secara otomatis.  Aplikasi ini menyediakan pembersihan terjadwal, mulai dari 6 jam, 12 jam, 1 hari, 3 hari, 1 minggu, 2 minggu, hingga 1 bulan. Kami merekomendasikan untuk melakukan penghapusan antara 1 hari, 3 hari, atau 1 minggu tergantung seberapa banyak aplikasi yang kamu gunakan.

Jadi jika fitur penjadwalan otomatis ini kamu aktifkan, kamu tidak perlu lagi membersihkan cache secara manual karena aplikasi ini sudah melakukannya secara otomatis di latar belakang, dan tidak akan mengganggu performa smartphone kamu.

Demikianlah ulasan mengenai cara otomatis untuk menghapus file cache di smartphone Androidmu, semoga ulasan di atas bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk kamu yang sering mengeluhkan mengenai cache yang menumpuk pada HP Androidmu, sekian dan selamat mencoba !

About Rian Agustianto

Rian Agustianto

SEO enthusiast. A Bachelor of IT & Content writer since 2013.