Monday , December 10 2018

Cara Membuat Memori Internal Xiaomi Tidak Cepat Penuh

Cara Mudah Memindahkan Aplikasi Ke SD Card HP Xiaomi

Cara Membuat Memori Internal Xiaomi Tidak Cepat Penuh – Bila kamu mempunyai smartphone yang memiliki memori terbatas pasti sangat menjengkelkan karena pada saat kamu ingin menginstall aplikasi baru terjadi kendala memori tak tersedia, ingin download lagu namun ruang tak tersedia sehingga semua aktivitas kamu menjadi terbatas. Ada beberapa tips yang menjadikan sebagian orang berupaya untuk memindahkan data aplikasi yang notabene memakan banyak ruang pada memori internal ke memori eksternal atau SD card.

Namun tak jarang juga ada orang yang kesusahan dalam hal ini karena beberapa perusahaan pengembang perangkat beranggapan jika SD card memiliki kecepatan transfer yang tak stabil untuk digunakan. Dampaknya secara default fitur memindahkan data aplikasi ke SD card tidak diberikan dan hal ini juga berlaku untuk sebagian besar perangkat yang diproduksi oleh Xiaomi.

Adapun cara yang paling ampuh untuk bisa memindahkan data aplikasi ke SD Card untuk perangkat Xiaomi adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang membutuhkan akses secara penuh atau kamu harus melakukan akses rooting terlebih dulu pada perangkat yang kamu gunakan.

Cara Membuat Memori Internal Xiaomi Tidak Cepat Penuh

Meskipun demikian kami tak menyarankan untuk melakukan hal ini karena khusus mereka yang belum begitu memahami dalam oprek-mengoprek Android karena root membuat perangkat menjadi lebih rentan terkena serangan malware.

Baca juga:  Backup dan Restore Aplikasi Android Menggunakan Helium

Tak hanya itu saja karena dengan membuka akses dengan root perangkat milikmu biasanya klaim garansi juga akan hilang walaupun smartphone kamu mengalami kerusakan di dalam masa garansi. Penasaran dengan bagaimanakah cara untuk mengatasinya? Simak solusi-solusinya berikut ini.

  • Kamu bisa mengakalinya dengan memindahkan data-data yang bisa dipindahkan ke dalam SD Card, seperti video, musik, gambar, dan lain sebagainya. Misalnya foto dan video yang kamu dapatkan dari aplikasi WhatsApp.
  • Tentukan prioritas dalam menginstall aplikasi. Install aplikasi yang benar-benar dibutuhkan saja dan uninstall aplikasi yang tidak diperlukan.
  • Kamu bisa memperluas memori internal dengan menghapus aplikasi dan data yang tidak digunakan dan membersihkan cache.
  • Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan layanan cloud untuk menyimpan berbagai macam data pribadi.

Walaupun beberapa solusi diatas tak bisa langsung menjadikan memori internalmu menjadi semakin luas, tapi dibandingkan harus melakukan root pada perangkat solusi tersebut lebih aman untuk dilakukan.

Karena jika kamu tak melakukan root maka klaim garansi tidak akan hilang, perangkatmu tidak akan rentan terhadap serangan, kerusakan sistem karena kesalahan mengoprek dapat terminimalisir, dan beberapa kerugian lain dapat diantisipasi.

Demikianlah ulasan mengenai cara mudah untuk membuat perangkat Xiaomi memiliki memori internal yang lebih luas. Semoga ulasan serta solusi-solusi diatas bisa bermanfaat untuk kamu khususnya pengguna Xiaomi, sekian dan selamat mencoba !

About Rian Agustianto

Rian Agustianto

SEO enthusiast. A Bachelor of IT & Content writer since 2013.