Thursday , December 3 2020

Cara Merekam Zoom Meeting Tanpa Izin dengan Android

cara merekam zoom tanpa izin

Cara Merekam Zoom Meeting Tanpa Izin dengan Android – Pandemi memaksa kita untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru atau sering disebut dengan new normal. Pun demikian dengan kebiasaan kita dalam bekerja, kuliah ataupun sekolah. Banyak pekerja yang musti bekerja dari rumah dan pembelajaran tatap muka pun berganti menjadi kelas online bagi pelajar ataupun mahasiswa.

Banyak aplikasi yang sering digunakan untuk meeting ataupun pembelajaran daring, mulai dari Zoom, Google Meet, Webex, Microsoft Teams dan lain sebagainya. Zoom menjadi salah satu aplikasi yang cukup populer meskipun pada awalnya cukup banyak mendapatkan kritik pada privasi pengguna.

Zoom kemudian meluncurkan berbagai fitur yang cukup membantu kita sebagai user, salah satunya adalah fitur recording yang bisa digunakan untuk merekam kelas, ataupun meeting.

Fitur recording ini pastinya akan sangat membantu kita, misalnya kita bisa memutar ulang meeting pada lain waktu, atau kita bisa memutar materi pelajaran yang disampaikan guru atau dosen. Meskipun terdapat batasan maksimal 40 menit bagi pengguna gratisan, nyatanya Zoom tetap menjadi pilihan utama banyak orang.

Zoom menyediakan fitur recording bagi host maupun peserta untuk merekam sesi meeting mereka melalui aplikasi. Menu ini berada di sisi kanan tombol Chat, di dalam jendela meeting. Sebenarnya, baik host maupun peserta bisa merekam sesi meeting tergantung pada pengaturan yang dilakukan oleh Host.

Penyelenggara bisa saja melarang peserta untuk merekam meeting, sehingga hanya host saja yang bisa melakukan recording. Nah, jika kamu mengalami hal ini, maka kamu harus menggunakan cara lain untuk melakukan recording Zoom meeting.

Baca juga:  Cara Mudah Atasi Zoom Yang Tidak Ada Suara

Merekam Zoom Meeting Tanpa Izin dengan Android

Untuk merekam meeting atau kelas online dengan smartphone android, kamu wajib menginstall aplikasi lain yang bisa kamu gunakan untuk merekam layar.

Salah satu yang bisa kamu gunakan adalah Mobizen, yang bisa kamu unduh dari Google Play Store.

Berikut ini langkah-langkah untuk merekam Zoom meeting dengan menggunakan mobizen.

Pertama, install Mobizen screen recorder pada smartphone android kamu.

Kedua, jalankan aplikasi Mobizen. Kamu akan diminta untuk melakukan trial selama satu bulan. Tap Skip untuk tetap menggunakan Mobizen secara gratis.

Ketiga, Mobizen akan menempatkan icon pada layar kamu. Klik icon tersebut kemudian tap Record.

Selanjutnya Mobizen akan menampilkan beberapa pengaturan dan pilih Allow jika diminta izin aplikasi kemudian pilih Start.

Mobizen akan mulai merekam aktivitas layar kamu dan kemudian kamu bisa menjalankan aplikasi Zoom sekaligus bergabung atau Join ke meeting yang hendak kamu rekam.

Meeting yang kamu ikuti secara otomatis akan direkam oleh Mobizen dan ketika telah selesai acara, klik icon Mobizen kemudian tap tombol Stop.

Rekaman acara Zoom kamu akan secara otomatis tersimpan di gallery smartphone kamu.

Untuk mendapatkan hasil terbaik, kamu harus menjalankan Mobizen sebelum melakukan Join Meeting pada Zoom. Jika tidak, akan terdapat kemungkinan aplikasi tidak akan berjalan dengan baik.

Perlu kamu catat bahwa aplikasi juga akan merekam suara yang dihasilkan di luar aplikasi Zoom. Jadi sebisa mungkin matikan notifikasi dari aplikasi lainnya terlebih dahulu.

Itu tadi adalah cara untuk merekam Zoom Meeting menggunakan Android, meskipun tanpa izin dari host. Mudah kan caranya? Semoga bermanfaat, ya!

About Rian Agustianto

Rian Agustianto

SEO enthusiast. A Bachelor of IT & Content writer since 2013.