Wednesday , December 2 2020

Cara Mudah Atasi Zoom Yang Tidak Ada Suara

cara mengatasi zoom tidak bersuara

Cara Mudah Atasi Zoom Yang Tidak Ada Suara – Zoom adalah sebuah layanan konferensi video berbasiskan cloud computing, Aplikasi ini mengizinkan kamu untuk bertemu dengan orang lain secara virtual entah itu dengan panggilan video, suara, atau keduanya. Menariknya Zoom menawarkan semua percakapan via Zoom bisa direkam untuk dilihat lagi nantinya.

Semenjak Covid-19 masuk ke Indonesia Aplikasi Zoom menjadi sangat popular dan diminati banyak orang. Tak hanya Indonesia karena aplikasi ini juga melonjak di dunia yang digunakan sebagai alternatif untuk mengadakan rapat maupun belajar secara online.

Salah satu masalah yang sering terjadi pada aplikasi Zoom ialah tidak ada suara saat menjalankan aplikasi Zoom. Namun kamu tak perlu khawatir karena kali ini kami akan membahas beberapa cara mengatasi Zoom tidak ada suara. Penasaran dengan bagaimanakah cara-caranya? Simak cara – caranya berikut ini.

Cara Mudah Atasi Zoom Yang Tidak Ada Suara

Restart Aplikasi Zoom

Biasanya penyebab tidak keluarnya suara dari aplikasi Zoom karena ada bug di dalam aplikasinya. Bug sendiri wajar dalam sebuah aplikasi. Ditambah lagi jika kamu menggunakan aplikasinya secara terus menerus maka akan mendapati Bug yang terus menumpuk.

Nah untuk menghilangkannya kamu bisa dengan restart aplikasi atau instal ulang. Tapi sebelum melakukan install ulang pastikan akun kamu sudah logout terlebih dalu. Lalu setelah itu kamu bisa melakukan uninstall lebih dulu aplikasi zoom pada laptop, komputer atau smartphone. Setelah itu silakan install kembali aplikasinya melalui Play Store atau melalui situs resminya.

Baca juga:  Harga Dan Spesifikasi SPC S15 Terra OS Lollipop RAM 1GB Update Februari 2017

Aktifkan Fitur Join Audio Otomatis

Saat menggunakan Aplikasi Zoom biasanya akan ada perintah untuk mengaktifkan Join Audio. Namun sayangnya tidak semua perangkat selalu melewati bagian ini saat membuka aplikasi Zoom. Hal inilah yang menyebabkan saat kamu masuk ke sebuah meeting malah tidak ada suara sama sekali baik itu dari pendengar maupun pembicaranya.

Oleh sebab itu sebaiknya buat fitur Join Audio secara otomatis. Dengan cara masuk dulu ke bagian settings yang menggunakan simbol gerigi roda -> lalu masuk ke bagian audio -> cari dan centang kalimat “Automatically Join Audio…” -> lalu kemudian coba kembali aplikasinya.

Gunakan Speaker Tambahan

Jika tetap tidak ada suaranya mungkin suara tidak keluar karena perangkat audio kamu mengalami masalah. Hal ini bisa di atasi dengan menggunakan speaker eksternal baik itu menggunakan wireless atau kabel. Contohnya saat kamu bisa menggunakan handsfree, headset, atau sejenisnya.

Bila kamu menggunakan headset maka gunakan yang sudah termasuk mic untuk memudahkan komunikasi. Kemudian jika menggunakan speaker eksternal tetap tidak berpengaruh maka bisa jadi kerusakan justru pada perangkat kerasnya. Untuk itu kamu bisa membawanya ke tukang servis atau justru membeli perangkat baru.

Demikianlah ulasan mengenai cara mudah untuk mengatasi aplikasi Zoom yang tidak ada suaranya, semoga ulasan di atas bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk kamu khususmya yang sedang mengalami kendala dengan suara aplikasi Zoom. Sekian dan selamat mencoba !

About Rian Agustianto

Rian Agustianto

SEO enthusiast. A Bachelor of IT & Content writer since 2013.