Cara Mudah Kunci Dan Sembunyikan Aplikasi Di HP Samsung

samsung android

Cara Mudah Kunci Dan Sembunyikan Aplikasi Di HP Samsung – Smartphone saat ini tentu sudah tak asing lagi untuk kita bukan. Kemajuan teknlogi memang menjadikan kita semakin terbantu dalam mengerjakan apapun. Tapi di balik semua kelebihannya pasti ada kekurangannya. Contonya kita harus lebih berhati-hati untuk mengamankan data-data pribadi yang disimpan pada smartphone.

Cara yang bisa kamu gunakan seperti mengunci perangkat dengan pola atau pin nyatanya kamu juga bisa mengunci aplikasi-aplikasi yang ada pada smartphone kamu. Tentu ada salah satu aplikasi dalam smartphone kamu yang memuat informasi-informasi pribadi yang penting bagimu bukan.

Dengan mengambil langkah itu kita bisa mengamankan berbagai macam hal terutama aset digital seperti foto, video, kontak, dan juga percakapan penting yang dilakukan di aplikasi perpesanan. Biasanya para produsen smartphone menyediakan fitur khusus untuk mengunci aplikasi atau App Lock pada perangkatnya untuk menjaga keamanan data penggunanya.

Cara Mudah Kunci Dan Sembunyikan Aplikasi Di HP Samsung

Namun sayangnya tak semua vendor smartphone menyisipkan fitur ini karena setiap perusahaan mempunyai pertimbangan dan kebijakan untuk  fitur tersebut. Jika fitur ini tersedia pada smartphone kamu tentu tak akan sama dengan smartphone lainnya karena metode yang digunakan berbeda mengingat setiap perangkat memiliki sistem operasi dan antarmuka modifikasi perusahaan.

Untuk kamu pengguna smartphone Samsung maka kamu bisa memanfaatkan beberapa fitur bawaan dari Samsung. Penasaran dengan bagaimanakah cara melakukannya? Simak cara menyembunyikan aplikasi dan mengkunci aplikasi untuk perangkat Samsung Galaxy dengan Lock and Mask App berikut ini:

  • Langkah pertama tentu hidupkan smartphone Samsung kamu terlebih dulu.
  • Setelah kamu harus tahu dulu jika Fitur Lock and Mask App ini punya dua fungsi utama yakni yang pertama adalah mengunci aplikasi dengan pola, PIN, kata sandi atau sidik jari.
  • Lalu fungsi kedua adalah menyembunyikan aplikasi (bahkan dari hasil pencarian) dan bahkan memblokir pemberitahuannya.
  • Selanjutnya untuk mengaktifkan fitur ini maka cukup buka aplikasi atau menu Setting
  • Kemudian masuk ke Advanced settings.
  • Langkah berikutnya pilih Lock and Mask Apps.
  • Next ubah posisi toogle menjadi ON untuk mengaktifkannya.
  • Setelah itu yang perlu kamu lakukan hanyalah mengatur jenis kunci dan memilih aplikasi yang ingin disembunyikan.
  • Metode ini berfungsi seperti loker aplikasi lainnya, yaitu mengharuskan pengguna memasukkan kata sandi atau PIN untuk bisa mengakses aplikasi.
  • Sementara jika kamu menggunakan metode Mask App maka kamu tak hanya memblokir notifikasi untuk aplikasi yang kamu pilih karena fitur ini juga akan menyembunyikan aplikasi dari pencarian. Jadi untuk kamu yang ingin menggunakan aplikasi tersebut maka kamu harus membukanya terlebih dahulu baru kemudian bisa menggunakannya.
Baca juga:  3 Ponsel Android Dengan Kamera Terbaik Februari 2016

Pada beberapa tipe perangkat Samsung, menu ini bisa ditemukan di bagian Privacy and Safety dengan nama App Lock. Sebenarnya ada fitur lain yang bisa kamu gunakan seperti fitur Secure Folder.

Demikianlah cara mudah untuk mengunci dan menyembunyikan aplikasi pada perangkan Samsung, semoga ulasan di atas bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk kamu khususnya pengguna HP Samsung, sekian dan selamat mencoba !

About Rian Agustianto

Rian Agustianto

SEO enthusiast. A Bachelor of IT & Content writer since 2013.