Tuesday , November 13 2018

Cara Mudah Masuk Mode Recovery Xiaomi

Cara Mudah Masuk Mode Recovery Xiaomi

Cara Mudah Masuk Mode Recovery Xiaomi – Kita semua tahu jika recovery mode atau mode recovery adalah mode sistem yang sangat berguna bagi sebagian pengguna Android. Mode ini menawarkan banyak sekali fitur dan salah satunya bisa kamu gunakan untuk melakukan pemulihan perangkat.

Tak hanya itu saja karena mode ini sudah secara default tertanam pada hampir semua smartphone Android. Pengguna hanya perlu masuk ke dalam mode ini untuk bisa melakukan perbaikan sistem, update sistem, format storage dan lain sebagainya

Begitu pula pada smartphone buatan pabrikan Tiongkok, Xiaomi. Recovery mode juga disediakan oleh Xiaomi pada semua smartphone yang mereka rilis ke pasaran. Fitur dan tampilannya pun tak jauh beda dibandingkan dengan tampilan dan fitur mode recovery pada perangkat dari pabrikan lain.

Lalu, bagaimana cara masuk ke Mode Recovery pada HP Xiaomi?

Cara Mudah Masuk Mode Recovery Xiaomi

  • Langkah pertama, matikan smartphone Xiaomi yang kamu gunakan.

Cara Mudah Masuk Mode Recovery Xiaomi

  • Kemudian pastikan smartphone sudah benar-benar mati. Hal ini karena proses shutdown smartphone Xiaomi berlangsung cukup lama, hampir 10 detik.
  • Setelah itu nyalakan smartphone bersamaan dengan menekan tombol volume up (Tombol Power + Volume up).
  • Lalu tunggu hingga smartphone menyala dan sampai masuk pada logo MI.
  • Selanjutnya bila muncul opsi bahasa maka pilih English.
  • Selesai. Kamu telah berada pada Mode Recovery Xiaomi. Disini kamu bisa melakukan hapus data / Wipe, Factory Reset, Install Update dan juga Format Storage serta masih banyak hal lainnya.
Baca juga:  Spesifikasi dan Harga Xiaomi Redmi 5 Pro Update Terbaru 2017

Kamu juga harus berhati-hati karena setelah masuk ke mode recovery karena jika salah pencet maka bisa menyebabkan kerusakan pada smartphone. Selain menggunakan mode recovery bawaan, kamu juga bisa menginstal mode recovery custom. Untuk smartphone Xiaomi biasanya menggunakan TWRP (Team Win Recovery Project).

Kelebihan mode recovery custom biasanya menawarkan perlengkapan yang lebih canggih dan lebih banyak jika dibandingkan mode recovery bawaan, tapi sayangnya kamu haru membuka bootloader untuk memasang TWRP di smartphone Xiaomi sehingga sudah pasti akan kehilangkan klaim garansi dan membuat perangkat lebih rentan terkena serangan. Namun ini tidak disarankan jika kamu belum terlalu paham dengan modifikasi ROM mengingat resiko kegagalan yang ada juga cukup besar.

Demikianlah ulasan mengenai cara mudah untuk bisa masuk ke mode recovery pada smartphone Xiaomi. Semoga ulasan di atas bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk kamu yang ingin menggunakan mode recovery. Sekian dan selamat mencoba !

About Rian Agustianto

Rian Agustianto

SEO enthusiast. A Bachelor of IT & Content writer since 2013.