Wednesday , April 14 2021

Cara Mudah Ubah PNG dan JPG Jadi WebP

webp image

Cara Mudah Ubah PNG dan JPG Jadi WebP – Kemajuan teknologi saat ini kita dihadapkan dalam pilihan untuk bisa memilih berbagai format gambar yang kita inginkan. Mulai dari JPEG, PNG, hingga WebP. Untuk JPG dan PNG tentu sudah tak asing lagi di telinga kalian, tapi masih sedikit orang yang paham mengenai WebP.

Mari kita bahas sedikit mengenai apa itu Webp. WebP merupakan sebuah format gambar yang menggunakan kompresi lossy dan lossless dan kini dikembangkan oleh Google. Untuk penggunaan gambar dengan format WebP mempunyai kualitas yang hampir sama dengan JPG atau PNG, namun dengan ukuran yang jauh lebih kecil.

Rata-rata ukuran gambar dengan format WebP mempunyai ukuran setengah lebih kecil jika dibandingkan dengan JPG atau PNG, sehingga dengan ukuran gambar yang kecil maka akan lebih menghemat ruang penyimpanan yang ada.

Cara Mudah Ubah PNG dan JPG Jadi WebP

Dengan menekan ukuran gambar dengan ukuran sekecil mungkin dengan menggunakan format ini maka akan menjadikan loading web kamu semakin cepat, sehingga banyak didapatkan keuntungan jika kamu mengubah format dari jpg dan png menjadi WebP.

Baca juga:  Cara Resize Ukuran Foto Dengan iPhone

Nah langsung saja mungkin kita akan masuk ke cara mengubah format jpg dan png ke format WebP dengan menggunakan bantuan website Ezgif.com. Dengan menggunakan website maka kamu tak hanya dapat mengubah menggunakan PC dan Laptop saja karena kamu juga bisa menggunakan smartphone untuk mengubahnya. Penasaran dengan bagaimanakah cara melakukannya? Simak cara-caranya berikut ini:

convert jpg to webp

  • Lalu klik tombol Pilih File di halaman web tersebut.
  • Setelah itu pilih gambar berformat JPG atau PNG dari perangkat kamu yang ingin diubah.
  • Selanjutnya klik Buka.
  • Langkah berikutnya klik tombol biru bertuliskan Upload!
  • Kemudian akan terlihat preview dari gambar yang kamu miliki.
  • Next untuk mengubahnya menjadi WebP makaa langsung saja klik tombol Convert to WebP!
  • Setelah itu akan muncul preview kedua dari gambar dibawahnya, yaitu gambar yang sudah di ubah ke WebP.
  • Selesai.

Bagaimana, caranya sangat mudah bukan? Demikianlah ulasan mengenai cara mudah untuk mengubah format JPG dan PNG menjadi format WebP, semoga ulasan di atas bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk kamu yang ingin mengubah format gambar. Sekian dan selamat mencoba !

About Rian Agustianto

Rian Agustianto

SEO enthusiast. A Bachelor of IT & Content writer since 2013.