Wednesday , October 17 2018

Fuchsia OS Yang Akan Gantikan Android Kini Rambah Google PixelBook?

Fuchsia OS Yang Akan Gantikan Android Kini Rambah Google PixelBook?
Pic: itsfoss.com

Fuchsia OS Yang Akan Gantikan Android Kini Rambah Google PixelBook? – Bagaimana jadinya jika nantinya Google akhirnya juga beralih dari keberadaan platform Android yang sudah membesarkannya? Beredar rumor mengatakan jika raksasa layanan tersebut saat ini sedang mempersiapkan sebuah sistem operasi terbaru mendatang lainnya di luar kepopuleran Android yang disebut dengan Fuschia.

Hadirnya platform terbaru mendatang tersebut pertama kali ditemukan pada sebuah codebase yang diposting lewat GitHub pada bulan Agustus 2016 lalu. Setelah berselang hampir setahun lebih lamanya kabar keberadaannya kembali terangkat dengan seiring pencantuman PixelBook besutan Google sebagai salah satu perangkat uji Fuschia OS terbaru.

Walaupun Google sendiri belum secara terbuka mengumumkan segala hal yang berhubungan dengan Fuschia tapi status open source OS yang dimilikinya menadikan siapapun yang penasaran dengan OS tersebut akan dengan sangat mudah untuk melacak perkembangannya.

Fuchsia OS Yang Akan Gantikan Android Kini Rambah Google PixelBook?

Terlebih salah seorang developer Fuschia Travis Geiselbrecht sebelumnya juga sempat menegaskan dalam sebuah postingan yang kurang lebih bisa diartikan jika OS tersebut bukanlah mainan dan bukan sekedar proyek setengah-setengah yang baru 20 persen, melainkan sebagai yang sangat serius dalam pengembangan Google ke depannya.

“Dukungan yang bagus untuk beberapa platform perangkat keras yang berbeda, dan bahkan sebelum PixelBook dari Google, kabarnya Google juga telah mencantumkan perangkat lain yang kompatibel yaitu di antaranya adalah Acer Switch Alpha 12 dan Intel NUC. “ menurut catatan dokumentasi Fuchsia yang ada pada OS ini.

Baca juga:  Cara Mudah Kirim Ribuan Chat / Bom Chat WhatsApp Dalam Sekali Klik

Untuk proses penginstalan Fuchsia yang disebut dengan “paving” membutuhkan dua mesin, mesin yang diinginkan untuk menjalankan Fuchsia (” target “) dan mesin tempat membangun Fuchsia (“host”). Target dan Host harus bisa saling berkomunikasi lewat jaringan lokal, pada sistem host untuk membangun Fuchsia bisa dibuat media instalasi dan mengalirkan sebagian besar sistem melalui jaringan ke target.

Fuchsia OS Yang Akan Gantikan Android Kini Rambah Google PixelBook?

Penambahan PixelBook ke dalam daftar perangkat yang didukung memang sangat menarik walaupun tak berarti Fuschia OS ditujukan sebagai pengganti sepenuhnya Chrome OS. Sepertinya Google ingin melihat bagaimana cara kerja pada perangkat kelas atas terutama karena Google kelihatannya ingin mengembangkan Fuschia OS dari perangkat keras yang lebih modern lagi meskipun masih terlalu cepat untuk menyimpulkannya.

Demikianlah ulasan mengenai Fuchsia yang kabarnya akan mengannti OS Android yang kini sudah merambah ke Google PixelBook, Semoga ulasan diatas bisa menjadi informasi untuk kamu yang memang tertarik dengan OS terbaru dari Google ini, Sekian dan semoga bermanfaat !

About Rian Agustianto

Rian Agustianto

SEO enthusiast. A Bachelor of IT & Content writer since 2013.