Saturday , December 14 2019

Cara Mudah Kirim Video Dari Gmail

cara kirim video dengan gmail

Cara Mudah Kirim Video Dari Gmail – Gmail merupakan salah satu layanan surat elektronik milik Google yang sangat populer, apalagi sejak hadirnya sistem operasi Android. Para pengguna Gmail bisa mengakses Gmail dalam bentuk surat web HTTPS, protokol POP3 atau IMAP4. Kemudian Gmail diluncurkan dengan sistem undangan dalam bentuk Beta pada 1 April 2004 dan tersedia untuk publik pada 7 Februari 2007.

Seperti layanan email pada umumnya, Gmail juga bisa kamu gunakan untuk mengirim berbagai file. Salah satu contohnya jika kamu ingin mengirim video lewat Gmail maka caranya sangat mudah. Yakni kamu hanya cukup melampirkan video seperti melampirkan file lainnya seperti biasanya.

Tapi tak sedikit orang yang masih bingung bagaimana cara melakukannya dan oleh karena ini kali ini kami akan membagikan cara-caranya. Penasaran dengan bagaimanakah cara untuk membagikan video pada Gmail? Simak cara-caranya berikut ini.

Cara Mudah Kirim Video Dari Gmail

  • Langkah pertama silahkan buka aplikasi Gmail.
  • Kemudian setelah itu buat sebuah email baru dengan cara klik tombol Tulis email.
  • Langkah berikutnya isi semua kolom yang dibutuhkan mulai dari alamat email penerima, subjek hingga isi email.
  • Lalu jika semuanya sudah di isi, klik tombol lampiran yang ada di atas.
  • Setelah itu akan akan ada dua pilihan, klik Lampirkan file.
  • Selanjutnya silahkan pilih video mana yang ingin dikirim, kamu bisa memilih 1 atau beberapa video sekaligus dan jika sudah dipilih videonya lalu klik tombol Selesai.
  • Berikutnya bila video sudah muncul di Gmail maka itu tandanya video sudah berhasil di upload. Klik tombol kirim.
  • Lalu email tersebut akan langsung dikirim, untuk mengecek apakah email tersebut beneran sudah dikirim atau belum dan Klik menu Terkirim.
  • Kemudian jika email tadi ada di deretan email terkirim artinya email memang sudah terkirim kepada penerima.
Baca juga:  Cara Mudah Dan Hemat Browsing Tanpa Iklan di Android

Gmail membatasi besarnya video yang bisa dikirim yakni tidak lebih dari 20mb, dan bila video yang ingin kamu kirim ukurannya lebih dari 20mb maka kamu bisa menggunakan cara kedua berikut ini, yakni dengan memanfaatkan Dropbox.

Cara Mudah Kirim Video Di Gmail Lebih Dari 20MB

Untuk cara ini, kita memanfaatkan aplikasi cloud sebagai tempat untuk menyimpan video yang ingin kita kirim melalui Gmail. Lalu link dari video tersebut akan kita kirim melalui Gmail agar penerima bisa mendownload video tersebut.

Sebenarnya ada beberapa aplikasi cloud yang bisa kamu gunakan seperti Dropbox, Mega dan Google Drive. Namun kali ini kami akan menggunakan Dropbox untuk mengirim video berukuran besar ke Gmail. Simak cara-cara berikut ini:

  • Langkah pertama buka aplikasi Dropbox di Android kamu.
  • Lalu upload video berukuran besar yang ingin kamu kirim ke Gmail.
  • Kemudian setelah video selesai di upload ke Dropbox, klik tanda titik tiga disamping nama video.
  • Setelah itu akan ada banyak pilihan yang muncul dan silahkan kamu klik Salin tautan.
  • Selanjutnya akan muncul tulisan Tautan ini sudah direkatkan. Itu artinya tautan atau link dari video tersebut sudah di copy.
  • Langkah berikutnya yang perlu kamu lakukan adalah paste link tadi ke Gmail. Ketika penerima email klik link video tadi, penerima bisa melihat video tadi dan mendownloadnya.

Bagaimana, caranya sangat mudah bukan?  Demikianlah ulasan mengenai cara mudah untuk mengirim video dari Gmail, semoga ulasan di atas bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk kamu yang ingin mengirim video dari Gmail, sekian dan selamat mencoba !

About Rian Agustianto

Rian Agustianto

SEO enthusiast. A Bachelor of IT & Content writer since 2013.