Wednesday , October 17 2018

MediaTek Akan Fokus Luncurkan Chipset Untuk AI dan Pengenalan Wajah

MediaTek Akan Focus Luncurkan Chipset Untuk AI dan Pengenalan Wajah

MediaTek Akan Fokus Luncurkan Chipset Untuk AI dan Pengenalan Wajah – Sekitar bulan bulan November lalu MediaTek sudah mengumumkan bahwa mereka sementara ini akan absen dalam segmen pasar chipset high-end dan akan lebih fokus pada segmen mid-range. Hal ini tentu saja adalah tanggapan dari chipset high-end miliknya yang tidak laku dimana hanya Meizu Pro 7 dan Pro 7 Plus saja yang menggunakan chipset Helio X30.

Tak hanya itu saja mengingat duo smartphone flagship milik Meizu itu tak begitu menguasai pasar. Tentu kita bisa beranggapan jika penjualan chipset high-end milik MediaTek sangat tidak memuaskan untuk tahun ini.

Saat ini General Manager MediaTek, Kuan Chou Chen, mengatakan jika perusahaan akan merilis dua prosesor P-series baru pada tahun 2018. Kinerja dari dua chipset tersebut dikatakan mengesankan namun fokusnya akan berlanjut ke AI, edge computing, dan teknologi penglihatan komputer.

MediaTek Akan Focus Luncurkan Chipset Untuk AI dan Pengenalan Wajah

Tak hanya itu saja karena ini termasuk pengenalan wajah yang saat ini sedang gempar-gemparnya sejak beberapa bulan belakangan. Selain pengenalan wajah penglihatan komputer yang lebih canggih akan memungkinkan kemampuan penginderaan AR atau VR dan 3D yang lebih baik daripada chip tersebut.

Baca juga:  MediaTek Berharap Kepada Chipset Helio P40 Untuk Jadi Penyelamat Di Tahun 2018

Walaupun petinggi MediaTek mengungkapkan jika performa dari chipset Helio P-Series berikutnya akan mengesankan. Tapi ia tak akan mengungkapkan secara spesifik rincian dari chipset tersebut. Sebuah rumor sebelumnya mengatakan bila chip Helio P40 akan mempunyai CPU dual-core Cortex A73 yang kuat dalam arsitektur hexa-core.

MediaTek Akan Focus Luncurkan Chipset Untuk AI dan Pengenalan Wajah

Sedangkan chipset dari helio P-series saat ini yang paling laris di pasaran adalah Helio P30. Chipset ini mempunyai prosessor octa-core Cortex A53 2.3GHz yang dilengkapi dengan GPU Mali-G71 MP2, modem 4G LTE WorldMode, VPU (Vision Processing Unit), dan teknologi CorePilot 4.0 milik MediaTek. Beberapa smartphone saat ini yang masih sudah menggunakan chipset ini merupakan smartphone keluaran dari Vivo dan Oppo.

Demikianlah ulasan mengenai MediaTek yang akan fokus dalam merilis Chipset untuk AI serta sensor pengenalan wajah. Semoga ulasan di atas bisa menjadi informasi untuk kamu yang menunggu-nunggu chipset keluaran dari MediaTek, sekian dan terima kasih.

About Rian Agustianto

Rian Agustianto

SEO enthusiast. A Bachelor of IT & Content writer since 2013.