Wednesday , March 27 2019

Membedakan Antara Mobil Hybrid, Electric Vehicle dan Plug-in Hybrid

mobil hybrid toyota

Toyota merupakan salah satu brand otomotif yang sudah sangat terpercaya. Kalau di pasar Indonesia produk-produk keluaran Toyota dipasarkan oleh Auto2000, dealer resmi Toyota yang sudah memiliki kantor cabang di seluruh Indonesia.

Ada banyak jenis mobil produksi mobil dari Toyota dan salah satunya adalah mobil hybrid, mobil yang diklaim ramah lingkungan. Di Indonesia sendiri ada 3 pilihan opsi mobil ramah lingkungan, yaitu mobil hybrid yang dikeluarkan Toyota, Electric Vehicle, Plug-In Hybrid.

Lantas apa yang membedakan ketiganya?

1. Mobil Hybrid Toyota

Mobil hybrid yang dikeluarkan oleh Toyota mempunyai 2 mesin yaitu yang menggunakan mesin bakar dan motor listrik. Nah, keua jenis mesin ini bisa menghasilkan bahan bakar terbaik yang lebih efisien. Di samping itu juga ada beberapa kondisi di mana untuk bagian mesin bensinnya bisa mati dan Anda hanya perlu mengandalkan listrik yang diperoleh dari baterai saja. Sementara untuk pengisiannya sendiri akan mendapatkan dari energy kinetic saat proses pengereman serta pasokan listrik secara langsung lewat mesin bakar.

Saat menggunakan mobil Hybrid yang dipasarkan oleh Auto2000, Anda hanya perlu mengisi bensin sesuai dengan spesifikasinya tanpa harus khawatir mengenai bagaimana proses charging pada listrik seperti pada PHEV dan EV nantinya.

Beberapa mobil hybrid yang ada di Indonesia dan dipasarkan oleh Auto2000 diantaranya Toyota Alphard Hybrid, Toyota Prius Hybrid dan juga Toyota Camry Hybrid.

Baca juga:  Program Tukar Tambah Toyota, Memudahkan Anda Beli Mobil Impian

2. Electric Vehicle (EV)

Lantas apa itu electric vehicle? Ini adalah jenis mobil yang akan berjalan menggunakan mesin motor listrik. Artinya tak akan ada mesin bakar yang bisa digunakan untuk sumber cadangan tenaga. Sementara untuk pengisiannya, baterai bisa diisi ulang hanya dengan sumber listrik yang diperoleh dari eksternal serta pengumpulan energy kinetic ketika Ada melakukan pengereman. Di Indonesia sampai sekarang belum ada yang secara resmi menjual jenis mobil ini. Hanya Mobil Hybrid Toyota yang dipasarkan.

3. Plug-in Hybrid (PHEV)

Plug-ini Hybrid atau PHEV sebenarnya juga bisa disebut sebagai mobil hybrid sebab mempunyai 2 mesin yaitu bensin dan juga motor listrik. Namun untuk perbedaannya, PHEV bisa lebih canggih lagi dibandingkan menggunakan hybrid sebab baterainya sudah bisa Anda isi ulang lewat sumber listrik eksternal seperti dari listrik rumah.

Sementara untuk mode berjalan nya sendiri mobil jenis ini berjalan menggunakan mode Electric Vehicle yang hanya berjarak 12 sampai 150 km saja, tergantung bagaimana jenis mobil serta lalu lintas seperti apa yang dilewati. Bila baterainya habis maka akan langsung digantikan menggunakan mesin bensin.

Ada beberapa jenis mobil PHEV yang sudah dijual di Indonesia misalnya Mercedes Benz E 350, BMW i3, dan juga BMW i8.

Namun bagi Anda yang tertarik dengan mobil hybrid Toyota, Anda bisa langsung saja mendatangi dealer resmi Toyota yaitu Auto2000.

About Rian Agustianto

Rian Agustianto

SEO enthusiast. A Bachelor of IT & Content writer since 2013.