Tuesday , November 30 2021

Suzuki Merilis Ignis Versi Hybrid, Apa Bedanya Dengan Versi Konvensional?

suzuki ignis hybrid

Suzuki Indonesia secara resmi sudah meluncurkan Suzuki Ignis versi Hybrid. Yang menarik dari kehadiran mobil city car.

Dan city car ini adalah hadir dengan desain crossover yang memiliki berbagai macam fitur yang jauh lebih lengkap jika dibandingkan dengan Suzuki Ignis konvensional yang sebelumnya sudah mengaspal cukup lama di pasar Indonesia.

Di Indonesia sendiri Suzuki ignis konvensional masih menggunakan jantuk mekanis yang juga konvensional.

Mobil yang masuk ke Indonesia sejak tahun 2016 lalu lewat jalur impor dari India ini memang membawa angin segar untuk industri otomotif di Indonesia.

Kehadiran dari Suzuki Ignis berhasil mengusir para kompetitor di segmen City Car Indonesia. Hal ini karena Suzuki Ignis dibuat dengan spesifikasi yang mumpuni namun tetap dijual dengan bandrol harga yang sangat terjangkau.

Berikutnya di tahun 2020 lalu, Suzuki Ignis memperoleh ubahan atau facelift. Dimana jika kita melihat dari sektor bahan bakar, Suzuki Ignis yang dijual di Indonesia ini menggunakan mesin dengan kode K12M 4 silinder dengan mesin yang berkapasitas 1.200 cc.

Penggunaan mesin tersebut membuatnya bisa menghasilkan tenaga maksimal mencapai 83 ps dengan torsi maksimal yang mencapai 113 Nm. Untuk masalah transmisi, terdapat pilihan di 5 percepatan transmisi manual dan juga AGS atau Automatic Gear Shift di Suzuki Ignis.

Seperti Apa Spesifikasi Suzuki Ignis Hybrid?

Tentu saja anda bertanya-tanya dengan seperti apa sih kira-kira spesifikasi yang diusung oleh Suzuki Ignis versi Hybrid ini kan? Sebenarnya sebelum di Indonesia, mobil ini sudah sempat mengaspal di eropa.

Dimana secara desain, mobil ini tidak berbeda jauh jika dibandingkan dengan apa yang dipasarkan di Indonesia.

Pada bagian depan, grill mobil dibuat lebih tegas dengan bumper depan dan bumper belakang yang sudah mendapatkan underguard dan juga garnish berwarna hitam.

Jika kita masuk ke bagian dalam kabin, Suzuki Ignis Hybrid ini memiliki jok kain dengan desain speedometer yang besar, AC Digital yang sudah otomatis dan juga keyless entry lengkap dengan tombol start stop dan juga MID bermesin monokrom. Perbedaan yang mencolok bisa anda lihat dari bagian kelengkapan fitur yang diusung oleh Suzuki Ignis Hybrid.

Baca juga:  Komentar Komunitas Ertiga Dari Test Drive Suzuki XL7

Dimana Suzuki Ignis Hybrid sudah mendapatkan lampu otomatis self levelling, Head unit lengkap dengan support Apple Carplay, Paddle shift dan juga Android Auto yang bisa memanjakan para penumpang maupun pengemudi ketika berkendara di jalanan menggunakan mobil crossover mungil yang satu ini.

Berikutnya, Suzuki Ignis versi Hybrid juga sudah menggunakan peralatan keselamatan yang canggih seperti LDW atau Lane Departure Warning dan juga AEB atau Automatic Emergency Braking.

Kedua fitur tersebut dibuat dengan sistem dual camera. Semua tenaga tersebut disalurkan ke roda depan dengan menggunakan sistem transmisi CVT yang lebih efektif dan juga efisien.

Suzuki sendiri secara resmi sudah melepas versi facelift dari city car andalan mereka yakni Suzuki Ignis dengan mendapatkan berbagai macam penyegaran mulai dari sisi eksterior, interior bahkan hingga dapur pacu. Perubahan yang cukup mencolok terdapat pada sisi eksterior, dimana grille dan bumper serta rumah foglamp dibuat lebih berotot.

Ketika kita masuk ke kabin, ubahan yang cukup mencolok adalah kesan mewah saat pertama kali anda masuk ke ruang kabin. Perpaduan antara penggunaan jok kulit, desain lingkar kemudi baru dan juga panel instrumen yang lebih elegan tentu saja menjadi keunggulan tersendiri dari Suzuki Ignis Hybrid.

Untuk dapur pacu sendiri, Suzuki Ignis sama-sama menggunakan teknologi mesin Hybrid yaitu sistem Mild Hybrid yang dipadukan dengan mesin lama. Yang berarti mobil ini menggunakan mesin 4 silinder 1200 cc yang mampu menghasilkan torsi maksimal mencapai 118 Nm.

Nah bagaimana? Apakah anda berminat untuk membeli Suzuki Ignis versi Hybrid ini? Sayangnya belum ada konfirmasi terkait harga yang akan dibandrol untuk varian Ignis Hybrid ini di Indonesia. Jadi kita tunggu saja update terbaru tentang harga jual dari Suzuki Ignis versi Hybrid nantinya.

About Rian Agustianto

Rian Agustianto

SEO enthusiast. A Bachelor of IT & Content writer since 2013.