Tuesday , December 1 2020

Tanda Baterai Smartphone Bocor atau Rusak dan Cara Mengatasinya

smartphone baterai

Tanda Baterai Smartphone Bocor atau Rusak dan Cara Mengatasinya – Smartphone saat ini sudah menjadi salah satu kebutuhan manusia karena dengan smartphone sangat membantu dalam beberapa hal. Contohnya saat kamu lapar tapi malas keluar maka kamu bisa memesan makanan melalui smartphone kamu. Tapi akan sangat disayangkan jika smartphone kamu baterainya bocor atau rusak sehingga saat kamu sedang membutuhkannya, smartphone kamu malah mati.

Sebenarnya ada beberapa ciri-ciri baterai smartphone kamu bocor karena akan sangat berguna jika kamu mengetahuinya. Kebocoran baterai pada smartphone merupakan suatu hal yang wajar terjadi karena baterai suatu saat akan mencapai batas akhir pemakaiannya entah itu mau atau tidak mau.

Tapi jika menggunakannya dengan benar maka baterai smartphonemu akan bertahan lebih lama pada usia pemakaian baterai. Namun jika kamu menggunakannya dengan asal-asalan maka baterai smartphone akan menjadi cepat rusak atau bocor. Penasaran dengan ciri-ciri baterai smartphone yang rusak atau bocor? Simak selengkapnya di bawah ini.

Ciri-ciri Baterai Smartphone Bocor dan Rusak

Baterai Cepat Habis

Bila kamu mengalami atau merasakan baterai kamu cepat habis padahal baru saja dicas mungkin itu salah satu ciri baterai smartphone yang kamu gunakan mengalami kebocoran atau rusak. Hal ini disebabkan karena kemampuan daya penyimpanan pada baterai sudah berkurang.

Baterai Gampang Panas

Jika kamu menggunakan smartphone namun terjadi meningkatan suhu baterai yang berlebihan padahal kamu hanya menggunakannya untuk membuka aplikasi sebentar saja dan panasnya meningkat maka itu bisa jadi penanda jika baterai kamu bermasalah.

Baca juga:  Bocoran Spesifikasi Smartphone Android Go Baru dari HMD Global

Kamu bisa membuktikannya dengan menyentuh atau memegang bagian belakang smartphone tepat pada posisi baterai terpasang. Bila kamu merasakan panas yang berbeda maka bisa dipastikan jika baterai kamu terindikasi bermasalah  salah satunya mungkin karena baterai bocor.

Baterai Berubah Bentuk

Baterai bocor atau rusak pasti akan mengalami perubahan fisik pada bentuk fisiknya. Salah satu yang paling umum terjadi adalah baterai terlihat kembung. Tentu saja kamu sudah familiar dengan hal ini. Akan semakin parah kerusakan baterai maka akan semakin besar juga kembungnya dan bila sudah sampai tahap ini maka segera ganti baterai dengan yang baru.

Arus Baterai Tidak Stabil

Disini maksud dari arus tidak stabil disini adalah bila dihubungkan ke charger maka baterai kadang tidak mengisi dan kadang mengisi.  Hal ini disebabkan karena kerusakan dari salah satu komponen baterai.

Cara Mengatasi Baterai Smartphone Bocor

Bila kamu bertanya-tanya mengenai cara mengatasi baterai yang rusak atau bocor, Maka jawabannya cukup mudah karena kamu cukup mengganti baterai tersebut dengan baterai yang baru. Untuk saat ini baterai smartphone cukup terjangkau yakni antara 150-450 ribu tergantung dari merk dan tipe smartphone.

Demikianlah ulasan mengenai tanda-tanda baterai smartphone bocor atau rusak beserta cara mengatasinya, semoga ulasan di atas bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk kamu khususnya yang sedang mengalami masalah dengan baterai smartphone, sekian dan selamat mencoba !

About Rian Agustianto

Rian Agustianto

SEO enthusiast. A Bachelor of IT & Content writer since 2013.