Wednesday , December 12 2018

Tips Menghemat Biaya Domain dan Web Hosting

Cara hemat biaya domain dan hosting

Tips Menghemat Biaya Domain dan Web Hosting – Membeli domain dan hosting merupakan langkah awal untuk membangun sebuah website. Langkah awal ini sedikit banyak akan menentukan perjalanan website kamu di masa depan. Sangat banyak penyedia layanan domain dan hosting di Indonesia yang bisa kamu pilih, tentunya dengan harga dan kualitas yang berbeda-beda satu dengan lainnya.

Bagi kalian yang sedang mencoba memulai menggeluti internet marketing dengan website, ada baiknya kamu mengetahui seluk beluk domain dan hosting yang akan kamu gunakan. Ketika kamu salah memilih pada saat pembelian domain dan hosting, kamu berpotensi mengalami kerugian baik dari sisi materi ataupun waktu.

Kerugian dari sisi materi sudah jelas kamu akan kehilangan banyak uang jika domain dan hosting yang kamu beli cukup mahal namun tak mampu memberikan performa yang maksimal. Di sisi lain, performa website yang tak maksimal akan membuat kamu juga rugi waktu karena tidak bisa menaikkan traffic dan juga peringkat website pada mesin pencarian.

Untuk itu, kamu perlu memahami beberapa hal berikut ini yang akan menuntun kamu untuk mendapatkan domain dan hosting dengan harga murah namun tetap berkualitas dan memiliki performa tinggi.

Pilih Harga Domain Yang Murah

Memilih nama domain bukanlah perkara mudah, terlebih jika kamu menginginkan nama domain premium. Sudah bukan rahasia lagi jika banyak domain premium diparkir dan hanya bisa ditebus dengan harga yang sangat mahal, tergantung permintaan si pemilik domain. Begitu juga dengan top level domain (TLD) baru dan populer seperti .co, .id dan sejenisnya yang memilihi harga beli domain di lebih mahal dibanding TLD konvensional seperti .com, .net ataupun .co.id.

Jika ingin lebih hemat, kamu bisa memilih TLD yang masih baru dan kurang familiar, misalnya .xyz ataupun .online yang harganya jauh lebih murah. Harga domain memang bervariasi dan berbeda-beda pada masing-masing penyedia layanan, namun kita bisa lho memilih penyedia layanan yang menawarkan harga yang paling murah.

Hal ini karena kita membeli domain dengan sistem sewa dengan jangka waktu per tahun dan kelipatannya, sehingga membeli domain yang murah akan berdampak pada biaya perpanjangan atau renewal domain yang lebih murah pula.

Saran kami, pilih nama domain yang selaras dengan konten website kamu dan mudah diingat orang, karena lebih berpotensi mendapatkan pengunjung yang lebih besar. Selanjutnya, pilih penyedia layanan yang membandrol harga domain yang paling murah.

Baca juga:  Review Niagahoster, Pilihan Terbaik Untuk Web Hosting

Cari Server Berkualitas dengan Fitur Lengkap

Setelah mendapatkan referensi biaya domain yang murah, selanjutnya kamu juga harus mengetahui spesifikasi, performa, fitur dan juga harga dari paket hosting yang ditawarkan. Web hosting biasanya menyediakan beberapa paket yang bisa kamu pilih mulai dari pemula hingga advanced.

Perhatikan spesifikasi dari setiap paket yang ada, utamanya pada bandwidth dan disk space. Bandwidth dan disk space yang terbatas akan menghambat perkembangan website kamu karena terkena limit maksimal bandwith bulanan dan juga space yang kecil. Sebisa mungkin, pilihlah web hosting dengan bandwidth dan disk space unlimited sehingga website kamu dapat berkembang jauh lebih cepat.

Selain, itu performa dari web hosting yang akan kamu beli juga wajib menjadi prioritas. Kamu bisa memilih web hosting yang menjamin up time server mendekati 99,9% sehingga website kamu dapat diakses 24 jam tanpa masalah server down.

Fitur yang ada pada paket hosting pun perlu menjadi perhatian. Kami merekomendasikan kamu untuk memilih web hosting yang memberikan fitur Gratis SSL, Gratis Domain serta beberapa fitur lain yang cukup bermanfaat seperti aktivasi instan dan live chat support 24 jam yang siap membantu kamu ketika mengalami kesulitan. Jika kamu mendapatkan hosting yang free domain, kamu tak perlu lagi memikirkan biaya domain ke depannya.

Dari sekian banyak web hosting, kamu bisa memilih Niagahoster yang merupakan hosting terbaik di Indonesia. Terlebih, data center mereka berada di Indonesia yang memungkinkan website kamu nantinya bakalan lebih cepat diakses dari dalam negeri. Harganya? Jelas jauh lebih murah, gaes!

Manfaatkan Promo

Membeli domain dan hosting juga harus memperhatikan timing yang tepat. Dalam setahun, banyak sekali waktu dimana para penyedia layanan domain dan hosting akan memberikan diskon harga domain dan hosting.

Kamu bisa menunggu momen-momen tertentu untuk mendapatkan promo gila-gilaan pada harga domain dan hosting. Misalnya saja, untuk event Harbolnas, Niagahoster memberikan diskon 70% pada paket hosting mereka, dan juga gratis domain dan SSL selamanya! Lebih hemat, kan?

Promo Niagahoster
Promo Niagahoster

Tips di atas bisa membuat kamu mendapatkan hosting berkualitas dan domain dengan harga yang lebih murah dan bisa berhemat pada biaya langganan tahunan. Meskipun lebih murah, namun pastinya kualitas dan performa server yang kamu beli dapat diandalkan sehingga website-mu pun akan lebih cepat berkembang. Semoga bermanfaat, ya!

About Rian Agustianto

Rian Agustianto

SEO enthusiast. A Bachelor of IT & Content writer since 2013.