9 Kiat SEO untuk Food Blogger Pemula

9 kiat menjadi food blogger
Credit IG: jogjafooddestinations

9 Kiat SEO untuk Food Blogger Pemula – Dunia kuliner memang selalu menarik untuk ditelusuri. Terlebih, tema makanan dan minuman biasanya menjangkau masyarakat dalam jumlah yang sangat besar. Maka dari itu, blog kuliner termasuk contoh niche yang kepopulerannya tidak mudah hilang sebagai cara mendapatkan uang dari internet langsung ke rekening bank dengan lebih mudah.

Mulai dari ulasan makanan dan minuman, ulasan restoran, hingga resep masakan bisa dipublikasikan di blog kuliner. Sebelum memulai food blogging, tentunya Anda harus memperbanyak riset terlebih dahulu. Salah satunya adalah mencari tahu cara untuk membuat blog kuliner lebih dikenal.

Beberapa hal yang bisa dilakukan, mulai dari mengoptimalkan SEO, memilih platform pembuatan blog seperti dengan cara install wordpress di subdomain, hingga membeli hosting murah dan terpercaya. SEO adalah salah satu cara yang paling efektif untuk menaikkan peringkat blog.

Bagaimana cara menerapkannya pada blog Anda? Mari simak beberapa kiat SEO untuk blogger kuliner pemula berikut!

1. Tentukan tema blog kuliner

Pilih tema yang lebih spesifik untuk mendapatkan pembaca yang tertarget dibanding blog kuliner secara umum. Misalnya, khusus kuliner pinggir jalan, camilan, kue, pastry, atau fine dining.

Lebih baik jika Anda benar-benar memahami tema blog secara mendalam. Topik yang terfokus akan mendatangkan pengunjung yang tepat sasaran serta menaikkan peringkat di mesin penelusuran.

2. Dapatkan nama domain yang sesuai

Nama domain harus sesuai dan benar-benar menggambarkan blog kuliner Anda. Sebagai contoh, apabila membuat blog seputar kue, Anda bisa memberi nama “Cakelicious” pada blog.

Jadi, sebelum benar-benar membuka blog, pembaca sudah mendapatkan bayangan tentang isi blog Anda yang membahas tentang seba-serbi kue.

domain
Pilih nama domain yang sesuai.

3. Pakai layanan hosting terpercaya dan terbaik

Faktanya, layanan hosting memberikan banyak manfaat untuk perkembangan blog kuliner. Hosting web akan mempengaruhi kecepatan, keamanan, maupun SEO awareness.

Pesan layanan hosting murah dan cepat di tempat yang terpercaya untuk meningkatkan peringkat blog di Google. Terlebih, mesin penelusuran mengutamakan situs web berkecepatan mumpuni supaya nyaman diakses dari pelbagai macam koneksi.

Baca juga: 3 Taktik SEO untuk Meningkatkan Traffic Website Toko Online Berbasis WordPress

Hosting murah pun harus dipastikan keamanannya. Hosting yang aman akan membuat pengunjung blog merasa nyaman karena tidak khawatir dengan pencurian data-data pribadi.

Selain itu, hosting yang kredibel juga mencegah semua tindakan penyalahgunaan, seperti kesalahan sistem dan cracking. Cek ulasan pelanggan sebelumnya untuk mengetahui kredibilitas layanan hosting.

4. Terbitkan konten secara rutin

Publikasi konten dalam jangka waktu yang rutin. Tidak perlu banyak-banyak karena minimal satu artikel per minggu saja sudah meningkatkan SEO.

Baca juga:  Cara Cepat Meningkatkan Domain Authority Website Kamu

Bayangkan apabila Anda mengirimkan 20 artikel sekaligus dalam sehari, tetapi tak pernah menerbitkan apa pun sampai 3 bulan kemudian. Pastinya hal ini akan membuat pembaca blog kecewa dan akhirnya memutuskan pindah ke blog lain.

5. Taruh backlink ke semua media sosial

Tautan media sosial sangat penting untuk kemajuan blog kuliner. Interaksi antara Anda dengan pembaca di media sosial akan membuat hubungan terasa lebih akrab. Jadi, ingat untuk aktif secara rutin di media sosial, ya!

6. Sisipkan foto hidangan yang sesuai dan menarik

Blog kuliner tanpa foto masakan sama saja dengan rasa hambar. Maka dari itu, belajarlah cara-cara menjadi fotografer makan yang baik. Tidak harus menggunakan perangkat dan peralatan super canggih.

Cukup terapkan teknik-teknik fotografi yang pas agar mendapatkan hasil potret yang memuaskan. Jangan lupa hias hidangan secantik mungkin supaya tampak menggiurkan.

cara pengambilan foto makanan
Ambil foto terbaik makanan

7. Berhubungan baik dengan sesama blogger kuliner

SEO tidak hanya dilakukan di situs web sendiri, lho. Hubungan yang baik dengan sesama blogger dalam satu niche dapat meningkatkan popularitas blog Anda.

Bukan hanya saling membagikan konten, berbagi pembaruan atau informasi seputar dunia kuliner juga bisa dilakukan. Dengan begitu, Anda tidak akan ketinggalan info-info terbaru.

Baca juga: 3 Tips Dasar Pemasaran Online untuk Pebisnis Pemula

Mulai bangun relasi dengan melakukan blogwalking dan menyisakan jejak di blog kuliner milik orang lain. Sekadar menulis di blog sendiri tidak akan mempercepat perkembangan blog.

Tinggalkan komentar dengan menyertakan tautan alamat situs web Anda. Jangan lupa pula untuk bergabung ke komunitas sesama blogger kuliner di media sosial.

8. Jadikan gaya penyampaian yang sesuai dengan diri sendiri

Apakah Anda suka dengan penyampaian yang terkesan santai? Atau mungkin suka dengan bahasa yang formal? Pilihan mana pun tak masalah kok.

Hindarilah mengubah-ubah gaya penyampaian yang malah akan membingungkan pembaca. Buat para pemirsa akrab dengan ciri khas Anda saat menulis dan ciptakanlah keunikan tersendiri.

9. Promosi

Terima endorsement juga bisa memajukan perkembangan blog, apalagi jika produk yang diulas sangat terkenal. Namun, tetaplah jujur saat mempromosikan makanan untuk menjaga kredibilitas diri sendiri dan kepercayaan pemirsa terhadap blog kuliner Anda.

Baca juga: Pemasaran Produk Lewat Instagram yang Efisien dan Menghasilkan

Nah, begitulah beberapa kiat SEO yang bisa Anda terapkan sebagai food blogger pemula. Tentunya akan sangat mudah dilakukan apabila Anda mengelolanya dengan cermat dan tepat sasaran.

Jangan mengharapkan hasil yang cepat karena semua usaha membutuhkan waktu sebelum mencapai keberhasilan. Semoga blog kulinernya sukses dan selamat mencoba!

About Rian Agustianto

Rian Agustianto

SEO enthusiast. A Bachelor of IT & Content writer since 2013.