Tuesday , October 27 2020

Wajib Coba! Google Maps Luncurkaan Mode Gelap

google maps dark mode

Google Maps Luncurkaan Mode Gelap – Google Maps merupakan layanan pemetaan web yang dikembangkan oleh Google. Layanan ini memberikan citra satelit, peta jalan, panorama 360°, kondisi lalu lintas, dan perencanaan rute untuk bepergian dengan berjalan kaki, mobil, sepeda (versi beta), atau angkutan umum.

Pada awalnya Google Maps hadir dalam versi desktop yang dirancang oleh Lars dan Jens Eilstrup Rasmussen pada Where 2 Technologies pada Oktober 2004, kemudian diakuisisi oleh Google yang diubah menjadi sebuah aplikasi web dan saat ini bahkan sudah kamu bisa akses melalui smartphone kamu.

Jika bicara mengenai Google Maps tentu saja kamu tak asing karena kamu tentu sering menggunakan layanan ini jika sedang bepergian dan tak tahu daerah yang ingin kamu tuju dengan detail. Kali ini Google Maps hadir dengan tema gelap atau Dark Mode. Tema gelap ini memang sempat popular pada 2019 karena berbegai aplikasi berbondong-bondong menghadirkan fitur ini. Namun Google Maps baru pada 2020 menghadirkan tema gelap untuk aplikasinya.

Dark mode atau tema gelap Google Maps ini sudah mulai diluncurkan untuk beberapa pengguna dan sudah bisa diakses seluruh aplikasi. Bahkan Google mencatat jika tampilan utama bisa diatur secara independen dari mode navigasi.

Beberapa pengguna Android 10 dan Android 11 sudah melaporkan jika mereka menerima tampilan baru ini selama beberapa hari terakhir. Kedua pengguna menjalankan Google Maps versi 10.51.1. Namun ini merupakan update sisi server yang belum diluncurkan secara luas di beberapa perangkat sehingga masih terbatas.

Baca juga:  Google Luncurkan Aplikasi Baterai “Device Health Services” Di Play Store

Mungkin untuk kamu yang beruntung mencoba fitur ini bisa mengeceknya dengan mengaktifkan dark mode Google Maps ini dengan mudah. Nantinya pada halaman Pengaturan akan menampung menu “Tampilan” baru dengan tiga opsi standar: Tema terang, Tema gelap, Default ke tema perangkat.

Untuk bisa mengaktifkan tema gelap Google Maps akan dimulai dengan bidang pencarian dan bilah bawah mengambil rona abu-abu yang merupakan standar di seluruh aplikasi pihak pertama. Tak hanya itu saja karena akan ada ikon mikrofon putih di bagian atas dan warna biru yang lebih pastel digunakan untuk menunjukkan tab mana yang sedang kamu lihat.

Tak hanya itu saja karenaa ada berbagai tombol yang ada pada bagian atas peta seperti carousel pencarian atau filter teratas dan berbagai FAB yang mempunyai warna abu-abu yang sedikit lebih gelap. Kemudian untuk background mempunyai bayangan yang paling gelap dan pada bagian jalan menggunakan abu-abu yang lebih terang.

Kemudian untuk teksnya akan lebih cerah dan tentunya masih terbaca bersama dengan berbagai pin dan ikon. Untuk keseluruhan ini merupakan tema gelap yang bagus untuk Google Maps. Dengan begitu maka tidak heran bila diharapkan akan segera tersedia secara luas untuk seluruh pengguna Google Maps baik di Android maupun iOS.

Demikianlan ulasan mengenao Google Maps yang sudah melucnurkan mode gelap untuk aplikasinya. Semoga ulasan di atas bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk kamu khususnya pengguna aktif Google Maps. Sekian dan selamat mencoba !

About Rian Agustianto

Rian Agustianto

SEO enthusiast. A Bachelor of IT & Content writer since 2013.