Saturday , October 16 2021

Cara Mudah Aktifkan Dark Mode Di Google Playstore

menggunakan dark mode play store

Cara Mudah Aktifkan Dark Mode Di Google Playstore – Google Play Store merupakan layanan distribusi digital yang dioperasikan dan dikembangkan oleh Google. Pada awalnya, aplikasi ini dikenal dengan Android Market. Toko milik Google ini menyediakan aplikasi, games, musik, film, buku, dan acara TV yang ada di Android. 

Saat ini fitur dark mode atau mode gelap memang sudah banyak ditemukan pada berbagai aplikasi. Sebenarnya fitur dark mode hadir pada Android 10 pada tahun 2019 lalu. Meskipun sudah datang cukup lama nyatanya untuk system operasinya, Google termasuk telat dalam menghadirkan atau mendatangkan dark mode pada Google Play Store dan beberapa aplikasi lainnya.

Tentu saja hal ini menjadikan kamu mungkin pernah ingin mengaktifkan fitur dark mode tapi tidak menemukannya hal tersebut karena keterlambatannya fitur ini dalam Play Store.

Sebenarnya ciri khusus dari Dark Mode hanya terletak pada pewarnaanya saja, Saat pengguna mengaktifkan fitur ini maka warna text akan berubah menjadi putih dan background akan berwarna gelap. Tentu saja hal ini kebalikan dari fitur Light Mode yang biasanya hadir dengan text gelap dan background cerah, Fitur Dark Mode sendiri memiliki banyak kelebihan terutama untuk mata.

Cara Mudah Aktifkan Dark Mode Di Google Play Store

Dengan mengaktifkan dark mode maka mata akan lebih nyaman dan rileks. Tampilan dalam warna gelap menjadikan tak terlalu banyak cahaya yang masuk ke mata. Alasan ini menjadi salah satu alasan yang cukup relevan oleh pengguna sehingga pengguna bisa lebih berlama-lama di depan layer smartphone.

Baca juga:  Google Maps Tambahkan Tab Baru Untuk Aplikasi iOS dan Android

dark mode play store

Penasaran dengan bagaimanakah cara mengaktifkannya? Simak cara-caranya berikut ini:

  • Langkah pertama pastikan terlebih dahulu bahwa Google Play Store anda sudah paling update.

  • Setelah itu buka aplikasi Play Store dan pilih pada bagian kiri aplikasi terdapat tiga garis vertical.

  • Kemudian tekan garis vertikal tersebut untuk menampilkan beberapa menu, saat kamu sudah menekannya nanti ada muncul beberapa pilihan.

  • Selanjutnya carilah opsi Settings atau Setelan, biasanya ada pada menu bagian bawah. Jika kamu sudah menemukannya kemudian tekan dan kamu akan beralih pada beberapa menu lain.

  • Lalu carilah opsi Tema atau Theme lalu pilih opsi dan akan ada pop-up yang muncul.

  • Langkah berikutnya dalam pop-up tersebut berisi tiga pilihan, Light, Dark dan System Default.

  • Next pilih Opsi Dark, setelah memilih opsi dark background aplikasi akan berubah menjadi gelap.

  • Selesai.

Demikianlah cara mudah untuk mengaktifkan fitur dark mode pada Google Play Store. Semoga ulasan di atas bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk kamu khususnya pengguna Android. Sekian dan selamat mencoba !

About Rian Agustianto

Rian Agustianto

SEO enthusiast. A Bachelor of IT & Content writer since 2013.