Sunday , February 17 2019

Cara Mudah Atasi Gambar Pecah Saat Upload di Instagram

upload foto pecah Instagram
Credit: The Verge

Cara Mudah Atasi Gambar Pecah Saat Upload di Instagram – Instagram merupakan salah satu media sosial yang paling banyak digunakan saat ini. Hal ini tentu tak terlepas dari Instagram yang selalu menghadirkan inovasi fitur yang memudahkan para penggunanya sebut saja pengaturan ke profil bisnis yang memudahkanmu untuk bisa berbisnis dengan leluasa di Instagram.

Nah pasti jika kamu sedang ingin menawarkan produk tentu kamu ingin menampilkan foto semenarik mungkin kan? Nah saat kamu mengupload foto dan mengalami pecah saat upload foto di Instagram maka rasanya pasti akan menyebalkan karena foto yang kamu sudah edit susah payah, eh malah pecah saat diupload.

Hal ini memang sering terjadi untuk pengguna baru Instagram karena mungkin sebagian dari mereka acuh dan tak mempedulikan hal itu. Tapi untuk para pengguna yang fokus pada jualan atau portofolio tertentu pasti hal ini akan sangat merugikan karena foto dari produknya menjadi tidak menarik. Maka dari itu jika kamu ingin mengetahui cara mengatasi gambar pecah di Instagram maka kamu bisa mengikuti cara-cara berikut ini.

Cara Mudah Atasi Gambar Pecah Saat upload di Instagram

Perbaiki Resolusi Gambar

Kamu harus tahu jika Instagram mempunyai standar resolusi untuk foto maupun video yang bisa diupload untuk menghasilan gambar yang bening seperti aslinya. Perlu kamu ketahui resolusi gambar yang paling kecil yang sudah ditetapkan Instagram adalah 1600×1200 atau 1024×1024 Square dan resolusi ini bisa kamu dapatkan dengan menggunakan kamera setidaknya 2 Megapixel. Sangat mudah mengingat smartphone kini hampir semuanya menggunakan kamera di atas 8MP.

Baca juga:  Instagram Uji Fitur Terpisah Untuk Menambahkan Hashtag ke Post

Ganti Pengaturan Kamera pada Smartphone

Bila kamu menggunakan kamera smartphone saat mengambil gambar yang akan diupload di Instagram maka sebaiknya ubah dulu pengaturannya sebelum memotret. Caranya sangat mudah yakni dengan membuka Pengaturan lalu pilih Kamera, kemudian nonaktifkan atau matikan Penggunaan Pengolahan Citra Berkualitas Tinggi.

Gunakan Aplikasi Editor

Nah jika kamu akan mengupload foto dari hasil kamu screenshot maka kami sarankan untuk menggunakan aplikasi edit foto karena sering kali gambar yang dihasilkan oleh screenshot mempunyai kualitas yang kurang bagus sehingga saat upload di Instagram gambar tersebut akan pecah.

Ganti Pengaturan Instagram

Jika kamu sudah mengupload foto dengan resolusi tinggi tapi masih pecah maka kamu bisa mengubah pengaturan di Instagram dengan masuk ke akun Instagram kamu kemudian pilih Pengaturan. Selanjutnya cari pengaturan kualitas unggahan dan aturlah ke mode Normal. Mode Normal ini akan membuat gambar yang kamu upload sesuai dengan yang aslinya, sedangkan mode dasar akan menurunkan kualitas gambarmu.

Bagaimana, caranya sangat mudah bukan? Demikianlah cara mudah untuk mengatasi gambar yang pecah saat kamu ingin menguploadnya di Instagram, semoga ulasan di atas bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk kamu yang sering mengalami penurunan kualitas foto yang diunggah, sekian dan selamat mencoba !

About Rian Agustianto

Rian Agustianto

SEO enthusiast. A Bachelor of IT & Content writer since 2013.