Tuesday , December 10 2019

Cara Mudah Atasi Kode Captcha Tak Muncul di Browser

captcha tidak muncul

Cara Mudah Atasi Kode Captcha Tak Muncul di Browser – Tak sedikit website yang menggunakan captcha untuk salah satu langkah keamanan. Contohnya sering kamu temui saat ingin login halaman atau website. Saat akan melakukan login pasti setelah selesai memasukan username dan password kamu akan diminta untuk menuliskan kode captcha yang ada.

Namun bila kode captha yang dimasukkan tidak sama dengan gambar maka akan gagal login dan jika kode captchanya cocok, maka kamu akan  langsung diizinkan login. Disini masalahnya adalah saat kamu diminta memasukkan sebuah kode captcha tapi kode captchanya sering tidak muncul.

Jika kamu mengalami masalah tersebut maka kamu tak perlu khawatir karena kamu bisa mengatasinya dengan mudah. Namun sebelum mengikuti langkah-langkahnya maka ada baiknya kamu mengetahui penyebab dari kode captcha yang tidak muncul.

Penyebab Kode Captcha Tidak Muncul

  • Menggunakan browser versi lama.
  • Melakukan Browsing menggunakan VPN.
  • Dicurigai menggunakan program bot
  • IP address kamu dicurigai oleh website yang bersangkutan.

Nah, apakah penyebab-penyebab di atas sering terjadi denganmu? Jika demikian maka kamu bisa mengikuti cara-cara berikut ini untuk mengatasi Kode Captcha Tidak Muncul di Browser.

Reload di Gambar Captcha

Dari banyaknya layanan captcha yang terkenal seperti buatan dari Google, reCaptcha pasti menyediakan sebuah tombol reload bila kode captcha tak berhasil dimuat. Langkah ini bisa kamu gunakan bila kode captcha tidak muncul. Kamu hanya harus klik tombolnya dan tunggu beberapa saat hingga layanan captcha memuat captcha yang baru untuk kamu.

Baca juga:  Cara Mudah Ganti Tema Background Di Google Chrome

Matikan VPN

Bila kamu menggunakan VPN maka ada baiknya untuk mematikannya terlebih dulu karena beberapa website mungkin tidak akan menampilkan captcha jika kamu menggunakan VPN. Langkah ini diambil untuk keamanan website yang ingin kamu kunjungi dan menghidupkan VPN kembali setelah berhasil melewati kode captcha. Cara ini seringkali efektif untuk mengatasi kode Captcha yang tidak muncul.

Refresh Halaman Web

Cara selanjutnya adalah dengan merefresh halaman web yang juga bisa menjadi solusi jika kode captcha tidak muncul. Tapi yang harus diperhatikan adalah kamu nantinya harus memasukan ulang username dan kata sandi atau informasi apapun di kolom website tersebut karena halaman akan di reload.

Restart Perangkat yang Kamu Gunakan

Jika perangkat masih tidak mau menampilkan kode captcha maka kamu bisa merestart perangkat yang kamu gunakan. Kemudian setelah itu kunjungi kembali web yang tadi tidak menampilkan captcha dan jika beruntung maka captcha akan muncul seperti biasa.

Bagaimana, caranya sangat mudah bukan? Demikianlah ulasan mengenai cara mudah untuk bisa mengatasi kode captcha yang tidak muncul di browser, semoga ulasan diatas bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk kamu dan kami sarankan untuk selalu mengupdate browser yang kamu gunakan, demi keamanan dan kelancaran aktivitas browsing kamu. Sekian dan selamat mencoba !

About Rian Agustianto

Rian Agustianto

SEO enthusiast. A Bachelor of IT & Content writer since 2013.