Wednesday , December 12 2018

Cara Mudah Hapus Aplikasi Bawaan Samsung

Cara hapus aplikasi bawaan samsung

Cara Mudah Hapus Aplikasi Bawaan Samsung – Menggunakan smartphone Android berarti sudah siap dengan segala konsekuensi dari perkembangan dari aplikasi maupun sistem operasi Android itu sendiri. Seperti yang kita tahu bahwa versi Android terus meningkat dan selalu ada pembaharuan untuk menutup bug maupun pada peningkatan fitur dari Android itu sendiri, dan hal ini difasilitasi oleh beberapa vendor smartphone yang menyediakan fitur Upgrade OS secara online.

Sama seperti sistem operasi Android, para pengembang atau sering disebut developer aplikasi selalu saja melakukan pembaruan atau update aplikasi mereka demi meningkatkan performa dan juga menambahkan berbagai fitur baru pada aplikasi mereka. Salah satu aplikasi yang paling sering melakukan update adalah WhatsApp dengan fitur sticker dan juga Instagram yang terus menambahkan berbagai fitur baru seperti Nametag untuk memanjakan penggunanya.

Tak hanya kedua aplikasi tersebut, beberapa aplikasi bawaan juga terus melakukan update untuk menambahkan fitur-fitur baru. Imbasnya, ukuran aplikasi menjadi semakin besar dan tentu memakan ruang yang cukup besar pula pada memori internal. Hal ini sangat terasa pada beberapa smartphone mid-end dengan kapasitas memori internal antara 8GB, 16GB dan 32GB.

Seperti vendor lainnya Samsung juga membekali perangkat-perangkatnya dengan aplikasi-aplikasi bawaan yang biasanya disebut dengan bloatware. Berbeda dengan aplikasi asli Android karena bloatware merupakan aplikasi yang dikembangkan dan dipasang oleh manufaktur atau biasa disebut bundled software yang sebenarnya bertujuan untuk memberikan tambahan utilitas dan fitur spesifik ke dalam perangkat, termasuk yang dilakukan Samsung.

Permasalahannya adalah kemampuan spesifikasi aplikasi-aplikasi bawaan tersebut sering tak digunakan oleh para pengguna Android dan tak jarang juga para pengguna ingin menghapusnya karena terlalu besar memakan ruang memori.

Kondisi ini terjadi jika para pengguna perangkat dari Samsung karena perusahaan asal Korea ini juga membekali perangkat-perangkat Android buatannya dengan aplikasi-aplikasi bloatware yang cukup banyak seperti Samsung Internet, Samsung Member, Email, Galaxy Wearable, dan lain sebagainya.

Sayangnya aplikasi-aplikasi tersebut tidak bisa dihapus dengan cara biasanya karena diproteksi oleh pihak pengembang. Namun kamu bisa menggunakan beberapa cara di bawah ini agar aplikasi bloatware tak terus menerus menggerus memori penyimpanan internal kamu.

Gunakan Fitur Disable

Langkah yang paling mudah untuk membuat aplikasi bloatware serasa di-uninstall adalah dengan melakukan disable. Disable aplikasi artinya kita tidak mengaktifkan aplikasi bawaan tersebut. Memang tidak akan secara total menghapus aplikasi namun setidaknya aplikasi tidak akan terus menerus melakukan update yang berpotensi membuat ruang tersisa di memori kamu semakin sempit.

Baca juga:  Cara Mudah Aktifkan "Tempat Sampah" di Android

Samsung memang menawarkan fitur Disable pada beberapa aplikasi yang diusung ke dalam perangkat-perangkatnya. Untuk menggunakan fitur ini kamu hanya cukup menahan ikon aplikasi yang dimaksud dan memilih Disable setelah muncul menu tersebut.

Cara Mudah Hapus Aplikasi Bawaan Samsung

Namun sayangnya fitur ini terbatas pada beberapa aplikasi buatan Samsung yang dirasa tidak begitu penting oleh pengembang atau kamu tidak akan bisa menggunakan fitur ini pada aplikasi-aplikasi utama Samsung seperti Galaxy Apps, Samsung Themes, SmartThings, dan lain sebagainya.

Hapus Aplikasi Menggunakan Root

Cara yang satu ini adalah cara yang paling umum sekaligus cara yang paling berbahaya untuk menghapus aplikasi bloatware karena menggunakan akses root. Selain bisa cara ini juga bisa menjadikan sistem error akibat salah hapus aplikasi.

Cara ini juga membuka kesempatan serangan digital seperti peretasan, virus, dan pencurian data yang notabene lebih berbahaya, jika kamu menggunakan metode rooting yang salah.

Cara Mudah Hapus Aplikasi Bawaan Samsung

Untuk itu maka kami juga tak akan membahas secara detail cara ini untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan dan masing-masing versi Android dan tipe perangkat Samsung memiliki metode rooting yang tidak sama. Kamu bisa membaca artikel lemoot.com tentang cara menghapus bloatware secara detail.

Gunakan ADB Tanpa Root

Cara yang satu ini sedikit ribet dan tak kami sarankan untuk pemula karena sangat beresiko terjadinya error pada sistem Android yang ada pada perangkat yang kamu gunakan terutama jika kamu salah hapus aplikasi dan perlu diperhatikan jika tak semua aplikasi bawaan Samsung adalah aplikasi yang terpakai serta aman untuk dihapus.

Bisa saja aplikasi yang kamu hapus berjalan di belakang layar agar perangkat dapat berjalan semestinya, untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan maka kami sarankan untuk tidak menggunakan cara ini. Inti dari cara ini adalah kamu nantinya bisa menghapus aplikasi bawaan dengan mengakses perangkat dalam mode debugging.

Demikianlah ulasan mengenai cara mudah untuk menghapus aplikasi bawaan Samsung. Bagaimana, sudah menemukan cara yang mudah agar memori smartphone Samsung kamu tak terlalu penuh akibat update aplikasi bawaan kan?

About Rian Agustianto

Rian Agustianto

SEO enthusiast. A Bachelor of IT & Content writer since 2013.