Saturday , August 8 2020

Cara Mudah Hapus Data History Lokasi di Google

cara hapus history lokasi google maps

Cara Mudah Hapus Data History Lokasi di Google – Hampir semua layanan online kini menggunakan akun Google, khususnya pada aplikasi yang berbasis Android. Tahukah kamu jika Google mencatat semua data yang kamu miliki, mulai dari setiap pencarian yang kamu lakukan dan setiap video YouTube yang ditonton, hingga lokasi yang pernah kamu kunjungi setiap harinya.

Khususnya aplikasi Google Maps yang akan mencatat kemana pun kamu pergi, rute yang kamu lalui sampai di sana dan berapa lama kamu berkunjung. Hal ini juga berlaku walaupun kamu tidak pernah membuka aplikasinya. Tentu saja hal ini bisa menjadi mengerikan jika ketepatan catatan Google mengenai keberadaanmu, namun untung saja semua catatan itu bisa dihapus dari Google.

Hal ini berlaku secara otomatis mulai juni 2020, pihak Google akan menghapus data pengguna setelah 1,5 tahun  atau 18 bulan. Bila kamu rasa waktu itu cukup maka kamu bisa mengubahnya. Penasaran dengan cara mengakses, mengelola, dan menghapus data lokasimu di Google? Simak cara-caranya berikut ini.

Cara Mudah Hapus Data History Lokasi di Google

  • Langkah pertama langsung masuk saja ke akun Google kamu dan pilih Data & Personalisasi pada navigasi.

  • Setelah itu untuk bisa melihat semua data lokasimu yang sudah dicatat oleh Google, maka scroll ke Kontrol aktivitas dan pilih Riwayat Lokasi.

  • Lalu bila kamu ingin Google berhenti melacak lokasi, maka segera matikan toogle ON – OFF di halaman ini.

  • Selanjutnya untuk mengatur Google supaya otomatis menghapus data jenis ini pilih “tidak pernah” atau “setiap tiga” atau “18 bulan”.

  • Langkah berikutnya pilih Hapus otomatis dan jangan lupa pilih jangka waktu yang kamu rasa paling cocok. Dengan memilih hal tersebut maka Google akan menghapus data saat ini yang lebih lama dari jangka waktu yang sudah kamu tentukan. Contohnya jika kamu memilih tiga bulan maka informasi yang lebih dari tiga bulan akan segera dihapus.

  • Kemudian setelah memilih pengaturan Hapus Otomatis, popup akan muncul dan meminta kamu untuk mengonfirmasinya. Disini kamu harus memilih Hapus atau Konfirmasi.

  • Jika kamu sudah memilihnya maka selanjutnya klik Kelola Aktivitas. Pada halaman ini akan menampilkan semua informasi lokasi yang Google kumpulkan pada timeline dan peta termasuk tempat-tempat yang pernah kamu kunjungi, rute yang diambil, serta frekuensi dan tanggal kunjungan.

Baca juga:  Cara Mudah Translate Gambar Dan Dokumen dengan Google Translate

  • Setelah itu untuk menghapus semua riwayat lokasi secara permanen, klik ikon tempat sampah di sudut kanan bawah dan pilih Hapus Riwayat Lokasi saat diminta.

  • Lalu untuk menghapus setiap perjalanan, pilih satu titik di peta atau bilah di timeline, kemudian pilih halaman berikutnya dan klik ikon tempat sampah di sebelah tanggal perjalanan yang ingin kamu hapus.

  • Terakhir untuk memastikan data lokasimu benar-benar hilang maka mulailah dengan klik menu Kontrol Aktivitas selanjutnya pilih Kelola Aktivitas di langkah 4. Kemudian pastikan timeline di sudut kiri atas kosong dan tidak ada titik pada peta yang menunjukkan sebelumnya lokasimu .

  • Selesai.

Demikianlah cara mudah untuk menghapus data history lokasi di Google, semoga ulasan di atas bisa menjadi informasi yang bermanfat khususnya untuk kamu yang ingin menghapus Riwayat lokasi di Google. Sekian dan selamat mencoba !

About Rian Agustianto

Rian Agustianto

SEO enthusiast. A Bachelor of IT & Content writer since 2013.