Sunday , December 15 2019

Keuntungan Kondisi Geografis dan Letak Astronomis Jerman

Keuntungan Kondisi Geografis dan Letak Astronomis Jerman

Letak Astronomis Jerman – Jerman merupakan negara multikultural yang memegang peranan penting dalam berbagai bidang. Negara ini menjadi pusat ekonomi, teknologi, pendidikan, industri, politik, maupun pariwisata. Selain dikenal dengan kota-kotanya yang modern, Jerman juga memiliki keadaan alam menakjubkan.

Ingin tahu gambaran alam Jerman, terutama lokasi geografis dan letak astronomis Jerman? jika Kamu penasaran maak ikuti terseus ulasanan berikut ini

Dimanakah letak geografis Jerman?

Jerman memiliki letak geografis yang sangat strategis. Berlokasi di Eropa tengah, negaranya Hitler ini diapit sembilan negara Eropa lainnya.

Kesembilan negara tersebut adalah Denmark di sebelah utara, Polandia dan Republik Ceko di sebelah timur, Austria di tenggara, Swiss di selatan, Perancis di barat daya, serta Luksemburg, Belgia, dan Belanda di sebelah barat.

Lokasi Jerman yang berada di pusatnya Eropa ini memberikan keuntungan dalam banyak hal, terutama ekonomi. Sudah sejak ratusan tahun lalu Jerman menjadi transit perdagangan barang dan jasa antar negara. Salah satunya melalui Hamburg, karena di sana terdapat salah satu pelabuhan tersibuk di Eropa dan dunia.

Selama berabad abad Hamburg menjadi kota perdagangan yang sangat terkenal. Sungai Rhine yang menghubungkan antar kota di Eropa juga menjadi salah satu transportasi air paling penting di Jerman. Selain itu, akses ke Jerman juga didukung fasilitas transportasi udara, kereta, maupun jalan tol yang sangat canggih.

Letak geografis yang sangat strategis ini juga menjadi keuntungan bagi perusahaan-perusahaan lokal di Jerman. Mereka bisa mendistribusikan hasil produksinya ke berbagai negara Eropa dengan lebih mudah dan murah. Bahkan produk Jerman memang lebih banyak yang disekspor dibanding dijual ke dalam negeri.

Jerman benar-benar sangat lihai memanfaatkan keuntungan letak geografis mereka. Makanya tidak mengherankan kalau mereka menjadi negara dengan ekonomi terkuat di Eropa dan nomor empat di dunia.

Dengan didukung daya inovasi yang tinggi dan letak geografis terategis, diperkirakan perekonomian Jerman akan terus menguat di masa depan.

Mengenal Letak astronomis Jerman

Nah setelah mengulik letak geografis, sekarang saatnya kita kupas letak astronomis Jerman. Masih ingat kan apa itu letak astronomis?

Untuk mengingatkan saja, letak astronomis suatu wilayah dilihat dari posisi garis bujur dan garis lintangnya. Garis bujur membagi bumi secara vertikal menjadi dua bagian besar, yaitu busur barat dan busur timur. Sebaliknya, garis lintang membagi bumi secara horizontal menjadi lintang utara dan lintang selatan.

Secara astronomis, Jerman terletak pada 51,1657° Lintang Utara (47° LU hingga 55° LU) dan 10,4515° Bujur Timur (6° BT hingga 15° BT). Lokasi astronomis tersebut menunjukkan bahwa Jerman terletak di belahan bumi utara dan timur.

Titik paling utara Jerman (55° LU) terletak di daerah auf Sylt yang termasuk dalam negara bagian Schleswig-Holstein. Sedangkan titik paling ekstrem di selatan (47° LU) terletak di perbatasan Jerman dan Austria yang masuk ke dalam wilayah Bavaria.

Sedangkan secara horizontal, wilayah Jerman membentang dari titik paling timur (15° BT) di Deschka yang termasuk negara bagian Saxony ke titik paling barat (6° BT) yang termasuk negara bagian North Rhine-Westphalia.

Letak astronomis ini memberikan banyak pengaruh terhadap keadaan alam Jerman, terutama iklim. Jerman termasuk ke dalam daerah garis lintang tengah, yaitu berada di antara daerah tropis dan kutub utara. Hal ini menyebabkan Jerman memiliki iklim moderat atau sedang.

Iklim moderat menyebabkan Jerman juga mengalami musim panas dan dingin, tapi tidak terlalu ekstrem. Puncak musim dingin atau Der winter di Jerman terjadi pada bulan Januari dengan suhu antara -5°C hingga 5°C. Sedangkan di musim panas, suhu di siang hari bisa mencapai 22°C hingga 26°C.

Kondisi alam yang ada di Jerman ini memungkinkan mereka untuk mengolah pertaniannya. Bahkan pertanian Jerman juga menyumbang cukup banyak bagi perekonomian Jerman.

Demikian tadi ulasan singkat mengenai letak geografis dan astronomis Jerman. Jika kamu ingin melihat lebih detail tentang Jerman, kamu bisa mempelajarinya dengan beberapa aplikasi seperti Google Maps,  Nasa, dan berbagai aplikasi lainnya. Semoga bermanfaat dan memberikan tambahan wawasan bagi kita semua.

About Rian Agustianto

Rian Agustianto

SEO enthusiast. A Bachelor of IT & Content writer since 2013.