Wednesday , July 15 2020

5 Website Belajar Coding Untuk Programmer Pemula

Coding untuk pemula

Jika Anda ingin belajar coding, tidak perlu bingung. Ada banyak website yang menyediakan sarana belajar online dan mudah diakses. Yuk, simak ulasannya!

Bahasa pemrograman sangat membingungkan bagi orang awam. Banyaknya kode yang harus diingat adalah tantangan tersendiri. Namun, jika dipelajari dengan baik dan detail, keahlian ini akan sangat membantu saat akan membangun website.

Setelah membeli hosting dan domain murah, Anda bisa memanfaatkan tema wordpress gratis untuk memperindah tampilan website Anda. Namun dengan berbekal kemampuan coding, Anda bisa membuat website lebih ramah pengguna dan berkualitas.

Untuk mempelajari bahasa pemrograman dan meningkatkan kemampuan coding, Anda kini tidak perlu harus belajar di sekolah formal. Anda bisa coba mengukur potensi melalui sejumlah website yang menyediakan pelajaran coding sekaligus sambil praktik.

Jika Anda berminat untuk mempelajari lebih lanjut, beberapa di antaranya dapat diakses secara gratis sehingga akan sangat membantu untuk belajar mandiri. Berikut beberapa pilihan website tersebut.

1. Codecademy

Salah satu website yang bisa Anda kunjungi untuk belajar coding adalah Codecademy. Website ini cocok untuk programmer pemula hingga programmer dengan level yang lebih expert. Untuk mengetahui tingkat kemampuan dalam memahami materi, ada kuis yang bisa Anda ikuti, baik sebelum memulai pelajaran maupun di tengah pelajaran.

Baca juga: Membuat Toko Online dengan Website Builder

Di Codecademy, ada banyak hal yang bisa dipelajari, mulai dari membangun website hingga menganalisis data. Anda juga bisa langsung belajar menulis kode, bukan sekadar membaca teori.

Hasil pelajaran tersebut bisa langsung dicek dan diuji pada saat itu juga sehingga Anda tahu apakah sudah melakukan dengan benar atau ada yang masih error. Bahasa pemrograman yang bisa dipelajari di Codecademy antara lain HTML & CSS, Phyton, JavaScript, Java, SQL, Bash/Shell, Ruby, C++, R, C#, PHP, Go, dan Swift.

2. W3schools

W3schools adalah website yang akan membantu Anda mempelajari coding dasar dengan cara langsung praktik. Website ini menyediakan compiler online yang dapat menerjemahkan program komputer ke dalam bahasa pemrograman tertentu. Dengan cara ini, Anda bisa belajar sekaligus mempraktekkan materi yang baru saja dipelajari.

Baca juga: 9 Kiat SEO untuk Food Blogger Pemula

Pada setiap bagian, ada contoh kode program yang ditampilkan. Di sini, Anda bisa mencoba mengedit kode program tersebut. Secara langsung, website akan menampilkan hasil kode tersebut. Bahasa pemrograman yang tersedia di W3schools adalah HTML, CSS, JS, SQL, PHP, jQuery, Python, Java, Angular, dan sebagainya.

Keunggulan website ini adalah simpel, mudah dan dapat langsung dipraktekkan, serta ada penjelasan dan ilustrasi sederhana mengenai kode dan cara menggunakannya. W3schools cocok untuk pemula yang ingin membangun website berbekal domain murah.

3. Codewars

Menulis kode pemrograman memang merupakan sebuah tantangan. Karena itu, website yang terinspirasi dari bela diri ini sangat cocok untuk Anda. Tujuan belajar di Codewars adalah mempertajam keahlian dan kemampuan terhadap bahasa pemrograman tertentu. Namun, pemula juga dapat mempelajari kode baru dari awal.

Baca juga:  Cara Cepat Meningkatkan Domain Authority Website Kamu

Baca juga: Pemasaran Produk Lewat Instagram yang Efisien dan Menghasilkan

Menariknya, setiap berhasil menyelesaikan sebuah tantangan, level akan semakin susah. Selain itu, Anda juga bisa melihat perbandingan solusi yang Anda gunakan dengan user lain setelah tantangan diselesaikan.

Hal ini akan memperkaya pengetahuan Anda dengan teknik berbeda dalam mengatasi masalah pada development website. Beberapa bahasa pemrograman yang bisa dipelajari di Codewars adalah Java, JavaScript, Python, Ruby, Shell, SQL, Crystal, Groovy, Clojure, Kotlin, PHP, Rust, Scala, dan sebagainya.

4. Free Code Camp

Anda juga bisa mempelajari coding melalui website Free Code Camp. Website ini dibangun pada 2014 dan telah menghasilkan lebih dari 40.000 lulusan. Banyak diantaranya telah bergabung dengan berbagai perusahaan internasional. Free Code Camp sendiri merupakan organisasi nirlaba yang mengajak user belajar dengan menyelesaikan sebuah proyek.

Baca juga: 3 Tips Dasar Pemasaran Online untuk Pebisnis Pemula

Seperti namanya, belajar di Free Code Camp bersifat gratis. Selain itu, Anda bisa bergabung dengan komunitas dan mendapatkan informasi terkini mengenai ketersediaan pekerjaan di bidang programming.

Jika ingin terlihat lebih profesional, Anda bisa mengambil sertifikasi bahasa pemrograman. Butuh waktu rata-rata 300 jam untuk mempelajari topik yang dimaksud hingga berhasil memperoleh sertifikasi. Berani mencoba?

5. The Odin Project

Website terakhir yang direkomendasikan untuk para programmer pemula adalah The Odin Project. Website ini merupakan versi gratis dari Viking Code School dan ditujukan untuk orang-orang yang sulit mendapatkan akses belajar teknologi informasi.

Ada pun bahasa pemrograman yang dapat dipelajari di sini antara lain HTML +CSS, JavaScript, Git, Databases, Ruby, Nodejs, dan sebagainya. Website yang dibangun pada 2013 oleh Erik Trautman ini memungkinkan Anda untuk mempelajari kurikulum coding yang bersifat open source.

Baca juga: 3 Taktik SEO untuk Meningkatkan Traffic Website Toko Online Berbasis WordPress

Menariknya, situs ini menghubungkan user yang satu dengan yang lain sehingga bisa saling bertukar ide. Mereka juga bisa membangun tim untuk menyelesaikan sebuah proyek. Fitur ini pasti sangat membantu Anda dalam membangun jejaring awal sebelum berkarir sebagai programmer.

Masih ada banyak website lain yang menawarkan belajar coding secara online, baik gratis maupun berbayar. Memiliki keahlian ini akan sangat membantu Anda mengelola website meski menggunakan hosting dan domain murah. Tunggu apa lagi, yuk dicoba!

About Rian Agustianto

Rian Agustianto

SEO enthusiast. A Bachelor of IT & Content writer since 2013.