Monday , December 17 2018

Cara Mudah Membatalkan Email Yang Sudah Terkirim di Gmail

cara undo sent gmail
Credit: recall-email.com

Cara Mudah Membatalkan Email Yang Sudah Terkirim di Gmail – Bagi kamu yang selalu terhubung dengan email untuk urusan pekerjaan ataupun kuliah, sudah pasti pernah kan salah mengirim email? Salah kirim disini misalnya kamu salah melampirkan file attachment, salah menulis sapaan pada body email atau bahkan salah menulis email tujuan sehingga email kamu nyasar ke orang lain.

Tapi tahukah kamu bahwa ternyata kamu bisa membatalkan email yang terkirim dengan mudah? Yap, bagi kamu pengguna Gmail, Google menyediakan fitur untuk membatalkan atau menarik email yang telah kamu kirim. Pastinya cara ini bisa kamu gunakan untuk antisipasi bilamana kamu salah mengirim email seperti yang sudah disebutkan di atas.

Fitur ini sementara baru bisa kamu gunakan pada perangkat laptop atau PC saja. Kabar terbarunya fitur ini akan bisa digunakan pada perangkat mobile. Fitur ini sangat berguna karena kamu bisa membatalkan email yang sudah terkirim dengan tak sengaja.

Secara default, fitur ini tak bisa secara otomatis menghapus atau menarik kembali email yang sudah terlanjur kamu kirimkan. Kamu harus terlebih dulu mengaktifkan fitur undo send pada pengaturan Gmailmu. Penasaran dengan bagaimakah cara untuk melakukannya? Simak cara-caranya berikut ini.

Cara Mudah Membatalkan E-mail yang Sudah Terkirim di Gmail

  • Langkah pertama buka akun Gmail kamu.
Baca juga:  Cara Menghapus Profil Google Plus Secara Permanen

Cara Mudah Membatalkan E-mail yang Sudah Terkirim di Gmail

  • Lalu pilih icon Settings di pojok kanan atas tampilan muka Gmail.
  • Setelah itu pilih menu Setelan.
  • Kemudian lihat pada bagianUndo Send dan pastikan kamu mencentang pilihan Enable Undo Send.
  • Langkah berikutnya atur seberapa lama kamu bisa undo e-mail yang terlanjur dikirim. Kamu bisa memilih 5,10,20 dan 30 detik. Pilih waktu yang paling lama untuk berjaga-jaga seandainya kamu baru sadar telah melakukan kesalahan pada saat mengirimkan email.
  • Selanjutnya setelah kamu mengaktifkan Undo Send, setiap kamu mengirim e-mail akan ada notifikasi, lalu untuk membatalkan e-mail yang terlanjur dikirim kamu hanya perlu memilih Undo. Sekarang kamu bisa menarik e-mail yang terlanjur dikirim di Gmail.
  • Selesai.

Sebagai catatan, kamu hanya memiliki waktu selama yang telah kamu pilih, mulai dari 5 hingga 30 detik. Selebihnya, fitur Undo Send tak akan lagi bisa kamu gunakan pada email yang telah kamu kirim. Jadi, tetap teliti ya meskipun sudah mengaktifkan fitur ini, agar tak terjadi kesalahan pengiriman email.

Bagaimana, caranya sangat mudah bukan? Demikianlah ulasan mengenai cara mudah untuk membatalkan email yang sudah terkirim pada Gmail. Semoga ulasan di atas bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk kamu yang ingin membatalkan email yang sudah terkirim, sekian dan selamat mencoba !

About Rian Agustianto

Rian Agustianto

SEO enthusiast. A Bachelor of IT & Content writer since 2013.