Monday , October 18 2021

Facebook Ads Digunakan Untuk Apa? Wajib Baca Ini!

Facebook Ads Digunakan Untuk Apa

Facebook Ads Digunakan Untuk Apa? Wajib Baca Ini – Tahukah Anda bahwa 96% pemasar media sosial menganggap Facebook sebagai platform periklanan media sosial yang paling efektif?

Tidak masalah jika Anda adalah perusahaan Skala Internasional atau bisnis kecil yang baru memulai, Anda tidak memerlukan anggaran yang besar untuk beriklan di Facebook.

Faktanya, pemasar dapat mulai melihat hasil dengan relatif cepat ketika anggaran tersedia, dan semua tujuan diuraikan dengan jelas.

Iklan Facebook membantu bisnis dan merek terhubung dengan audiens target ideal yang kemungkinan besar tertarik dengan konten mereka dan akan terlibat dengan produk dan layanan mereka, yang mengarah ke penjualan.

Iklan Facebook telah terbukti berfungsi baik untuk perusahaan B2C dan B2B, yang menghasilkan sejumlah besar kesuksesan dalam hasil pemasaran mereka setelah beriklan di Facebook.

FAcebook Ads Manager 2

Jadi Apa Sebenarnya Iklan Facebook Itu?

Iklan yang dibuat oleh bisnis di Facebook yang ditayangkan kepada audiens Facebook berdasarkan aktivitas pengguna, informasi demografis dan profil, informasi penggunaan perangkat, dan aktivitas di luar Facebook.

Setiap pengiklan berbeda, itulah mengapa sangat penting untuk memahami tujuan periklanan Anda – tujuan yang ingin Anda capai dengan kampanye iklan tertentu.

Pemasar dan bisnis perlu memastikan bahwa mereka menunjukkan HAL YANG TEPAT kepada ORANG YANG TEPAT pada WAKTU yang TEPAT.

Menurut Facebook Business , inilah yang perlu Anda pahami sebelum membuat iklan Facebook:

  • Sasaran bisnis Anda—alasan Anda menjalankan iklan
  • Pemahaman tentang siapa yang ingin Anda jangkau
  • Anggaran harian atau seumur hidup untuk iklan Anda
  • Foto atau video untuk ditampilkan di iklan Anda

Sebagian besar bisnis ingin mencapai tujuan tertentu dengan iklan, seperti mendapatkan lebih banyak lalu lintas ke situs web mereka, lebih banyak suka/tampilan halaman, pendaftaran webinar, dll.

Memahami dan memilih tujuan dan sasaran Anda adalah langkah pertama dalam membuat iklan Facebook.

Sebelum membuat Iklan Facebook, penting juga untuk memahami bagian-bagian dari iklan Facebook untuk memastikan keberhasilan kampanye iklan Anda.

Anda juga ingin memastikan bahwa Anda memiliki piksel Facebook sehingga Anda dapat memastikan pelacakan pada semua orang yang berinteraksi dengan bisnis Anda.

Bagian Dasar Yang Membuat Iklan:

  • Materi Iklan : Gambar dan teks iklan yang menyampaikan pesan Anda kepada audiens ideal Anda
  • Penargetan:  Audiens yang Anda targetkan iklannya
  • Penempatan:  Tempat munculnya iklan
  • Tawaran:  Jumlah yang bersedia Anda bayar sehingga pelanggan akan melihat iklan Anda dan mengambil tindakan yang diinginkan
  • Anggaran:  Jumlah yang ingin Anda belanjakan untuk kampanye iklan Anda
  • Jadwal:  Durasi iklan Anda akan berjalan

Saat membuat iklan di Facebook, setiap iklan memiliki gambar dan teks.

Penelitian telah menunjukkan bahwa panjang terbaik untuk judul hanya EMPAT kata. 

Sepertinya gila, kan?

Alih-alih mencoba memberikan setiap informasi atau menjelaskan setiap detail tentang produk/layanan Anda, buatlah singkat dan menarik.

Anda ingin menarik perhatian dan membuat audiens mengklik untuk mengetahui lebih lanjut , memuncaki minat audiens, dan mengarahkan mereka untuk mengambil tindakan yang diinginkan.

 

Jumlah Kata Terbaik Untuk Judul Iklan Facebook

Setelah membuat  iklan , Anda kemudian menetapkan anggaran dan tawaran untuk setiap klik atau seribu tayangan yang  akan diterima iklan Anda  .

Pengguna kemudian melihat iklan Anda   di umpan berita atau sidebar mereka.

Sasaran Kampanye Iklan Facebook

Saat membuat iklan, ingatlah bahwa pesan yang kuat tidak hanya menyajikan produk.

Pesan yang kuat menciptakan dan membangun hubungan dengan pelanggan ideal Anda DAN jika iklan Anda bagus, itu akan membangkitkan emosi.

Pastikan untuk menunjukkan bagaimana produk atau layanan Anda dapat membantu mencapai tujuan mereka, memecahkan masalah mereka, dan membuat hidup mereka lebih mudah.

Saat menggunakan sistem Facebook, sistem ini memberi peluang bagi bisnis untuk menguji berbagai saluran dan opsi penargetan untuk menemukan cara paling hemat biaya untuk mendorong penjualan terbanyak.

“Sangat penting untuk menyiapkan sasaran dan harapan yang terukur dan realistis untuk kampanye Anda dan pelanggan potensial Anda.”

Opsi Penargetan Facebook

Penargetan adalah salah satu manfaat paling penting dari iklan Facebook karena memberi Anda kemampuan untuk menampilkan iklan Anda kepada jenis orang tertentu yang akan paling terlibat dengan konten Anda dan memasukkan uang paling banyak ke kantong Anda.

Pemirsa target juga sangat dapat disesuaikan, membuatnya mudah untuk menargetkan orang berdasarkan minat/suka, demografi, lokasi, situs web, dan keterlibatan aplikasi, grup Facebook, dan banyak lagi.

 

Contoh Penargetan Facebook

 

Untuk memastikan kesuksesan terbesar dengan iklan Facebook, Anda ingin memastikan bahwa Anda menargetkan orang yang tepat, mengakui dan terhubung dengan mereka, dan memberi mereka ajakan bertindak yang realistis.

  • Lokasi:  Jangkau orang berdasarkan negara, negara bagian atau provinsi, kota atau kode pos saat ini
  • Usia dan Jenis Kelamin : Persempit audiens Anda berdasarkan usia dan jenis kelamin
  • Bahasa : Targetkan iklan Anda ke bahasa tertentu
  • Perilaku : Jangkau orang berdasarkan perilaku atau niat pembelian, penggunaan perangkat, dan lainnya
  • Koneksi : Jangkau orang-orang yang terhubung ke Halaman Facebook bisnis Anda, aplikasi, acara, atau teman mereka
  • Pemirsa Khusus : Buat pemirsa ideal Anda menggunakan piksel, alamat email, nomor telepon
  • Pemirsa Serupa : Jangkau orang-orang yang serupa dengan pemirsa Anda
Baca juga:  Inilah Jenis Facebook Ads Yang Memiliki Tujuan Untuk Mengarahkan Audiens Masuk Ke Halaman Website

Saat ingin memaksimalkan ROI Anda pada iklan, pastikan untuk menguji berbagai jenis penawaran dan materi iklan di kampanye pemasaran ulang Anda.

W hen menggunakan pemirsa dingin menjadi  lebih deskriptif dan fokus pada memperkenalkan produk atau layanan dan ketika menggunakan pemirsa yang hangat (pemasaran ulang) lebih langsung dan penjualan berorientasi.

Berikut adalah contoh bagaimana kami menggunakan penargetan yang tepat (rinci) untuk menguji dan menargetkan orang-orang yang memberi kami hasil terbaik.

Dengan sistem penargetan canggih Facebook , Anda dapat memotong kebisingan untuk menemukan pelanggan ideal Anda, dan Anda juga dapat mengecualikan orang dari lokasi tertentu.

 

Contoh Penargetan Facebook Mendetail

 

Pemirsa serupa juga merupakan cara populer untuk menargetkan pemirsa berkualitas baik secara dinamis.

Jika Anda mencari sumber pemirsa Serupa yang baik, Anda dapat menggunakan:

  • Pelanggan sebelumnya
  • Pendaftaran buletin
  • pengikut facebook
  • Pengunjung situs web yang sering
  • Pemirsa video yang sering

Anda juga dapat membuat pemirsa Serupa dari email dan nomor telepon pemirsa Anda.

Facebook juga memungkinkan bisnis untuk menggunakan nilai seumur hidup pelanggan, yang memungkinkan Anda membuat pemirsa serupa yang lebih bertarget.

Dengan kata lain, orang-orang yang membelanjakan lebih banyak di situs web Anda akan diprioritaskan saat membuat Lookalike.

Setelah Anda membuat iklan dan memublikasikannya, penting untuk memahami cara mengevaluasi seberapa baik kinerja set iklan Anda.

Facebook mengubah cara kerjanya setiap hari, jadi jika Anda perlu mengikuti perkembangan cara beriklan di Facebook pada tahun 2020, klik di sini.

Ketentuan Dasar Yang Perlu Diketahui Saat Mengevaluasi Hasil Iklan:

  • Klik : Jumlah klik yang didapat iklan Anda

  • Rasio Klik-Tayang  atau RKT : Jumlah klik yang diterima dibagi dengan jumlah tayangan

  • Tayangan : Berapa kali iklan Anda memasuki layar seseorang untuk pertama kalinya

  • Jangkauan : Jumlah orang yang melihat iklan Anda

  • Frekuensi : Frekuensi rata-rata iklan Anda ditampilkan kepada seseorang

  • CPM (Biaya per 1.000 Tayangan) : Harga rata-rata yang dibayarkan untuk memiliki 1.000 tayangan di iklan Anda

  • CPC (Cost per Link Click) : Biaya rata-rata yang dibayarkan setiap kali seseorang mengklik iklan Anda (angka ini dihitung dengan membagi jumlah uang yang Anda keluarkan untuk iklan dibagi dengan jumlah klik yang diterimanya)

  • Konversi : Tindakan yang diselesaikan pelanggan (melakukan pembelian atau menambahkan ke keranjang belanja di situs web)

  • Atribusi : Berbagai upaya pemasaran yang dilakukan seseorang sebelum melakukan pembelian

Manajer Iklan Facebook

Facebook memiliki dua alat manajemen iklan gratis – Pengelola Iklan Facebook dan Editor Daya.

Pengelola Iklan adalah alat lengkap dan pusat kendali Anda untuk membuat, menjalankan, dan mengelola iklan di Facebook.

Anda juga dapat meninjau dan menyesuaikan kampanye iklan Anda dan melihat pelaporan waktu nyata sehingga Anda tahu apa yang berhasil.

 

Contoh Manajer Iklan Facebook

 

Untuk menemukan audiens/wawasan Facebook Anda, laporan lanjutan, dll. Anda dapat mengakses informasi ini di dalam Pengelola Bisnis Facebook.

Gunakan menu navigasi utama di sudut kiri atas layar Anda.

 

Contoh Manajer Iklan Facebook

 

KESIMPULAN

Salah satu bagian terbaik tentang menggunakan iklan Facebook adalah seberapa banyak pemasar dan bisnis dapat belajar tentang orang-orang ideal mereka, mulai dari mempelajari minat mereka hingga memahami setiap perilaku dan pola mereka.

Setelah Anda mengetahui audiens berkinerja terbaik Anda, pastikan untuk menguji berbagai jenis iklan dan menyalinnya.

Pemasar dapat membuat set iklan atau iklan yang berbeda dalam kampanye terpisah, yang akan membantu Anda melihat korelasi apa pun antara audiens ideal dan jenis iklan Anda.

Pengujian adalah kunci untuk menemukan apa yang sesuai dengan audiens ideal Anda.

Saat menggunakan Facebook, mengidentifikasi dan mencapai tujuan dan audiens target seseorang lebih mudah dari sebelumnya.

Kami berharap postingan di blog Lemoot.com ini membantu Anda membuat iklan Facebook yang sukses dan semoga sukses dengan upaya pemasaran Anda!

About Hayart

Hayart

A Bachelor of IT & Works as an Internet Marketer. Content Writer Since 2014