3 Tips Dasar Pemasaran Online untuk Pebisnis Pemula

Perkembangan teknologi digital yang semakin maju dari waktu ke waktu membuat segala jenis aktivitas pekerjaan bisa dikerjakan dengan lebih mudah dan efisien. Kegiatan seperti menjalankan bisnis pun bisa dilakukan secara remote, tanpa harus bertatap muka dengan pelanggan. Pelayanan terbaik pun tetap bisa diberikan secara online dengan cara membuat email untuk customer service bagi para pelanggan.

Melihat potensinya yang cukup menguntungkan, maka tak heran jika semakin banyak orang yang berminat untuk mengembangkan bisnis online. Cukup dengan modal beli domain dan hosting untuk keperluan website toko online, Anda bisa mengelola bisnis di mana saja dan kapan saja. Tentunya selama Anda memiliki akses internet yang memadai untuk mengurusnya.

Baca juga: 3 Taktik SEO untuk Meningkatkan Traffic Website Toko Online Berbasis WordPress

Selain kemudahan tersebut, tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak memulai bisnis online saat ini. Hampir seluruh lapisan masyarakat sudah familiar dengan internet. Di Indonesia sendiri terdapat lebih dari 170 juta penduduk yang menggunakannya. Itu artinya, sudah ada lebih dari 60% dari total penduduk Indonesia yang kerap mengaksesnya.

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda memutuskan untuk memulai suatu bisnis online. Tidak hanya biaya pengeluaran rutin untuk operasional seperti listrik dan internet serta pengadaan piranti digital seperti komputer dan smartphone saja. Anda juga perlu memiliki kemampuan teknis mengenai pengelolaan akun platform digital yang akan digunakan.

Baca juga:  Google Luncurkan Fitur Penghemat Data Otomatis Untuk Google News

Salah satu kemampuan teknis yang dimaksud adalah pengetahuan seputar digital marketing atau pemasaran online. Jika Anda masih tergolong pemula dalam dunia bisnis online, kali ini kami akan membahas 3 tips dasar pemasaran online untuk pebisnis pemula. Apa saja?

Mulai dengan website yang SEO friendly

Salah satu langkah yang menjadi penanda awal mula suatu bisnis online adalah pembuatan website toko online. Cara ini sudah banyak dibuktikan oleh para pengusaha untuk mengembangkan bisnisnya secara efektif, terutama sebagai media pemasaran melalui internet. Online presence pun akan semakin kuat jika usaha Anda memiliki sebuah website.

seo meningkatkan website anda
SEO akan meroketkan website kamu

Dalam pembuatan website, Anda bisa mempertimbangkan untuk mengelola website dengan sifat statis. Website jenis ini memungkinkan Anda untuk tidak terlalu banyak melakukan modifikasi, sehingga lebih bagus digunakan jika daftar harga dari produk yang dijual tidak mengalami perubahan terlalu sering.

Baca juga:  Cara Mudah Download Video Dari IGTV Di Android (Tanpa Aplikasi)

Jika Anda sudah mantap untuk menggunakan website sebagai batu loncatan untuk bisa sukses dalam berbisnis online, pastikan kembali seluruh checklist dari sisi teknis sudah terpenuhi. Tidak hanya masalah desain saja, tetapi juga dari segi kecepatan akses dan performa lain, khususnya yang berkaitan dengan SEO (Search Engine Optimization)

Bagi Anda yang masih awam dengan SEO, pada dasarnya prinsip kerja dari teknik ini adalah untuk menampilkan website Anda pada halaman pertama Google. Caranya adalah dengan melakukan optimasi kata kunci yang kerap digunakan user untuk mencari berbagai macam informasi yang berkaitan dengan niche usaha Anda.

Baca juga:  Cara Mudah Atasi Gambar Pecah Saat Upload di Instagram

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk memulai optimasi pada website toko online Anda adalah dengan melakukan keyword research dan cari kata kunci populer yang ada kaitannya dengan bisnis Anda. Berikutnya, sebarkan kata kunci tersebut pada beberapa landing page, termasuk pada judul maupun isi artikel konten blog di website Anda.

Sertakan informasi lengkap melalui Google My Business

Digitalisasi tidak akan ada artinya apabila Anda tidak memberikan informasi yang lengkap mengenai bisnis Anda. Itu mengapa sangat penting untuk memastikan bahwa para pelanggan bisa menemukan bisnis yang Anda jalankan. Tentunya dengan menyediakan seluruh detail informasi penting yang dibutuhkan.

Google My Business
Manfaatkan Google My Business

Informasi penting yang dimaksud terdiri dari deskripsi produk, harga, lokasi toko online, dan kontak customer service jika sewaktu-waktu pelanggan ini bertanya atau menyampaikan komplain.  Salah satu platform yang bisa Anda manfaatkan untuk menampung seluruh informasi yang dibutuhkan oleh para pelanggan toko online adalah Google My Business.

Baca juga:  Cara Mudah Mendapatkan Verified Account Atau Tanda Centang Biru Di Instagram

Jika Anda memanfaatkan platform seperti Google My Business dengan tepat, kesempatan bisnis online Anda untuk meraih peringkat atas di Google akan semakin meningkat. Melalui platform milik Google ini, Anda bisa menyediakan berbagai informasi dalam format snippet dan menambahkan detail pendukung lain yang membuat bisnis terlihat semakin kredibel.

Ada beberapa jenis detail pendukung yang bisa Anda tambahkan, seperti review pelanggan, tanya jawab seputar produk Anda, hingga produk yang direkomendasikan dari toko online Anda. Melalui fitur ini, para pelanggan yang sudah menjadi konsumen tetap juga menjadi kunci sukses dari bisnis online yang Anda jalankan.

Baca juga:  Beginilah Cara Mudah Menonaktifkan Autoplay Video di Instagram

Untuk bisa mengaktifkan fitur-fitur di dalamnya, Anda hanya perlu melakukan login, menuliskan informasi krusial yang perlu diketahui para pelanggan, hingga detail kontak seperti website dan nomor telepon yang bisa dihubungi. Selanjutnya, Anda hanya perlu mengirimkan permintaan kode verifikasi pada Google dan melakukan verifikasi setelah mendapatkannya.

Buat media sosial bisnis

Selain website, media sosial menjadi salah satu platform yang tidak kalah penting untuk mencapai kesuksesan Anda dalam berbisnis online. Media sosial telah terbukti menjadi platform yang paling digemari masyarakat Indonesia untuk mencari informasi seputar barang yang ingin didapatkan secara online. Kekuatan visual pun menjadi aspek yang diutamakan.

sosial media
Media Sosial, membantu bisnis kamu berkembang

Pembuatan konten di media sosial yang mengandalkan visual inilah yang pada akhirnya mewajibkan Anda untuk bisa menguasai skill seperti fotografi, videografi, hingga copywriting. Jika masih merasa perlu belajar lebih banyak, Anda bisa memanfaatkan jasa atau mempekerjakan karyawan dengan kemampuan tersebut untuk mengakomodir kebutuhan konten pemasaran.

Baca juga:  Cara Unggah Video dan Foto Lama Pada Instagram Stories

Dalam eksekusinya, pembuatan konten media sosial hampir sama seperti website. Anda juga harus melakukan riset kata kunci serta mencocokan kembali data dengan audiens toko online Anda. Walau begitu, seperti yang sudah dijelaskan di atas, visual akan lebih “bermain” di media sosial. Sedangkan untuk copywriting, Anda harus bisa menyuguhkan tulisan yang semenarik mungkin tanpa harus panjang lebar menjelaskannya melalui caption.

Dari 3 tips dasar pemasaran online di atas, poin ke-berapa yang sudah Anda coba? Jika Anda sudah sangat siap untuk menjalankan bisnis online, jangan lupa untuk memaksimalkan potensi usaha Anda dengan tips di atas. Selamat berbisnis!

About Rian Agustianto

Rian Agustianto

SEO enthusiast. A Bachelor of IT & Content writer since 2013.